Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Waspada, Kenali Gejala Umum Terinfeksi Virus Corona Varian Omicron Siluman

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Setelah sempat turun selama dua hari berturut-turut, kasus Covid-19 di Indonesia kembali melonjak drastis. Bahkan, Rabu, (16/2/2022), Kementerian Kesehatan mencatat 64.718 kasus baru.

Penambahan kasus itu juga menjadi sorotan bagi Ketua Satgas Covid-19 IDI (Ikatan Dokter Indonesia) Profesor Zubairi Djoerbang. Ia mengatakan bahwa kasus Covid-19 satu minggu terakhir di Indonesia cukup tinggi 321.235.

Bahkan negara ini menyalip India dengan menempati peringkat 12—menurut data Worldometers. Sementara di atas Indonesia ada Inggris, Korea Selatan, dan juga Italia.

“Ini menjadi pengingat yang jelas bahwa bukan waktunya untuk lengah dan membiarkan Covid-19 kembali merajalela,” ujar Zubairi Djoerban.

Baca Juga:
Positif Covid-19, Ge Pamungkas Merasa Malu dan Jorok

Seorang siswa peserta PTM di Kota Cimahi mengikuti tes PCR acak. [Cariberita.co.id/Ferrye Bangkit Rizki]
Seorang siswa peserta PTM di Kota Cimahi mengikuti tes PCR acak. [Cariberita.co.id/Ferrye Bangkit Rizki]

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) dr. Siti Nadia Tarmizi, M. Epid menyampaikan keterisian tempat tidur untuk isolasi kasus COVID-19 masih memadai.

“Kita sudah melihat bahwa ketersediaan tempat tidur dengan jumlah pasien yang diisolasi saat ini masih cukup rendah. Terlihat seperti di Sumatera Utara jumlah kasus 637 sementara tempat tidur isolasi yang disediakan sebanyak 4 ribu,” katanya dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Rabu (16/2).

Di DKI Jakarta sebanyak 8.418 Tempat Tidur yang terpakai dari 15.313 Tempat tidur yang disediakan

Begitu juga Provinsi lainnya seperi Jawa Barat, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Selatan, dan Papua dengan jumlah kapasitas tempat tidur untuk isolasi masih memadai.

Tak hanya itu, ketersediaan ICU pun memadai dan mengalami peningkatan. Di Sumatera Utara ada 21 ICU yang terisi dari 390 yang tersedia, DKI Jakarta sebanyak 406 ruang ICU terpakai dari 921 ruang ICU yang disediakan.

Baca Juga:
Update Covid-19 Global: Kasus Positif Harian Terbanyak, Jerman Malah Longgarkan Aturan

Baca :  Hati-hati, Varian Omicron Bisa Timbulkan Gejala yang Mirip Keracunan Makanan

Banten 103 ruang ICU terisi dari 354 yang tersedia, Jawa Barat 273 ruang ICU terisi dari 1.034 yang tersedia, DIY 30 ruang ICU terisi dari 142 yang tersedia, Jawa Tengah 202 ruang ICU terisi dari 922 yang tersedia, Jawa Timur 287 ruang ICU terisi dari 1.490 yang tersedia, Bali 99 ruang ICU terisi dari 240 yang tersedia, Kalimantan Selatan 11 ruang ICU terisi dari 109 yang tersedia, dan Papua 10 ruang ICU terisi dari 122 yang tersedia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.