Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Hari Ginjal Sedunia: Ketahui Bahaya Anemia pada Pasien Hemodialisa

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) meminta daerah di luar Pulau Jawa dan Bali untuk tidak lengah, karena diprediksi akan terjadi peningkatan kasus Covid-19 varian Omicron pada 3 hingga 4 minggu mendatang.

Prediksi ini disampaikan Juru Bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi, berkaca pada gelombang pandemi varian Delta yang terjadi pada Juni hingga Agustus 2021 lalu.

“Kita tahu pola ini gambaran saat kita hadapi varian Delta, sehingga kita bisa melihat pergeseran yang awalnya dikontribusi oleh Jawa – Bali, kemudian akan berlanjut peningkatan kasus di luar Jawa – Bali setelah 3 atau 4 minggu kemudian,” ujar Nadia saat konferensi pers, Rabu (16/2/2022).

Perlu diketahui, saat ini beberapa provinsi di Jawa dan Bali sudah mendekati bahkan mencapai puncak kasus gelombang varian Omicron.

Baca Juga:
Ayo Taat Prokes! Satgas Covid-19 Catat Pasien Sembuh Bertambah 25.386 Orang

Sehingga Nadia meminta masyarakat di luar Jawa dan Bali untuk tidak terlena, tetap taat protokol kesehatan, menghindari kerumunan, hingga segera melakukan vaksinasi Covid-19.

Meski begitu, ia juga meminta masyarat tidak perlu panik, lantaran saat ini pemerintah sudah lebih siap hadapi lonjakan varian Omicron, belajar dari gelombang varian Delta sebelumnya.

“Harapannya masyarakat tetap tenang, karena pemerintah sudah lebih siap hadapi peningkatan ini, mengingat pembelajaran gelombang varian Delta pada bulan Juni hingga Agustus 2021,” jelas Nadia.

Sekedar informasi, per 16 Februari 2022, konfirmasi positif Covid-19 Indonesia kembali cetak rekor baru dengan 64.718 kasus baru.

Angka ini merupakan kasus harian tertinggi Indonesia, dibandingkan pada puncak varian Delta dengan data tertinggi mencapai 56.000 kasus baru per hari.

Baca Juga:
Kasus Pecah Rekor saat Gelombang Ketiga Pandemi! Hari Ini 64.718 Orang Indonesia Positif Covid-19, 167 Pasien Meninggal

Baca :  Manfaat Isomaltulosa Bagi Penderita Diabetes, Karbohidrat Alami yang Jaga Peningkatan dan Penurunan Kadar Gula Darah

Di sisi lain, dari semua kasus Covid-19 di Indonesia saat ini, Nadia memastikan mayoritas didominasi varian Omicron.

“Saat ini Omicron sudah mendominasi varian yang bersirkulasi di masyarakat, baik di level global maupun di level nasional. Kasus Omicron secara nasional dilaporkan ada 96 persen, Delta 3,3 persen,” tutup Nadia.

Leave A Reply

Your email address will not be published.