Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Kualitas Tidur yang Baik Penting untuk Turunkan Berat Badan, Ini 5 Fungsinya!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Merasa mengantuk bukanlah hal yang aneh, tetapi jika gejala ini sering terjadi dan mengganggu berbagai aktivitas, mungkin sesuatu sedang terjadi pada tubuh Anda. Lantas, apa penyebab sering mengantuk dan bagaimana cara mengatasinya?

Kantuk di siang hari bukanlah suatu gangguan, tetapi itu bisa menjadi suatu gejala dari kondisi yang dapat memiliki efek kesehatan yang serius. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebabnya dan cara mengatasinya.

Nah, untuk lebih jelasnya, mari simak berikut ini ulasan mengenai penyebab sering mengantuk dan cara mengatasi yang dilansir dari situs Everyday Health, Senin (31/1/2022).

Penyebab Sering Mengantuk

Baca Juga:
5 Dampak Positif Melamun yang Jarang Disadari, Pikiran Jadi Lebih Tenang!

Sering mengantuk atau kantuk yang berlebihan bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Adapun faktor penyebabnya yaitu sebagai berikut:

1. Gangguan Tidur

Gangguan tidur seperti obstructive sleep apnea (OSA) merupakan suatu kondisi di mana jalan napas Anda menjadi terhambat, menyebabkan gangguan pernapasan saat tidur. 

Orang dengan kondisi ini biasanya kurang tidur nyenyak karena seringnya terjadi apnea atau aliran udara terbatas selama waktu tidur, sehingga sering terbangun di malam hari, yang menyebabkan kantuk berlebihan di siang hari. 

2. Stres

Baca Juga:
Begini Cara Laki-laki dan Perempuan Mengatasi Burnout

Stres dapat membuat Anda tetap terjaga di malam hari dan sering mengantuk di siang hari. Stres membuat otak Anda terus bekerja saat malam hari, sehingga membuat Anda kesulitan untuk tidur nyenyak di malam hari. 

Ilustrasi mengantuk. (pexels.com/Andrea Piacquadio)
Ilustrasi mengantuk. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

3. Alkohol dan narkoba

Penggunaan alkohol atau obat-obatan terlarang juga dapat memengaruhi tidur Anda. Menurut Klinik Cleveland , alkohol, obat penenang , dapat membantu Anda tertidur, tetapi juga dapat membuat Anda tetap terjaga di malam hari saat efeknya hilang. Sehingga Anda jadi sering mengantuk di siang hari.

Baca :  Pfizer Ajukan Izin Penggunaan Darurat Vaksin untuk Anak di Bawah 5 Tahun

Cara Mengatasinya

Setelah mengetahui penyebabnya, berikut ini cara mengatasi sering mengantuk yang bisa Anda coba. Adapun caranya sebagai berikut:

1. Jangan tidur siang

Tidur siang mengurangi jumlah tidur yang Anda butuhkan pada malam berikutnya, menyebabkan fragmentasi tidur dan kesulitan tidur pada waktu tidur.

2. Matikan TV dan perangkat elektronik lainnya

Tempat tidur adalah tempat untuk beristirahat. Menatap layar komputer, ponsel, dan laptop dapat merangsang otak Anda secara berlebihan dan membuat Anda tetap terjaga. Jadi, matikan TV dan perangkat elektronik lainnya saat hendak tidur.

3. Hindari minuman berkafein

Efek kafein berlangsung selama beberapa jam, jadi lewati minuman seperti kopi, teh, dan soda di malam hari. Karena ini akan membuat Anda terjaga dan siangnya Anda akan jadi lebih sering mengantuk.

4. Berolahraga secara teratur

Olahraga mendorong tidur terus menerus, tetapi cobalah untuk berolahraga lebih awal di pagi hari. Hindari olahraga berat sebelum tidur, karena merangsang sirkulasi endorfin dalam tubuh Anda, yang dapat membuat Anda tetap terjaga.

Demikian informasi mengenai penyebab sering mengantuk dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.