Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Pergeseran Gaya Hidup Sebabkan Kematian Akibat Penyakit Jantung Terus Meningkat, Begini Cara Atasi Risikonya

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Minum air sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Namun, terlalu banyak minum air juga dapat menyebabkan keracunan air.

Keracunan air terjadi ketika Anda minum begitu banyak air, tetapi ginjal tidak dapat mengeluarkannya dengan cepat. Pada akhirnya air akan mengencerkan elektrolit, terutama natrium, di dalam darah.

Meski jarang, keracunan air bisa menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani.

“Keracunan air dapat terjadi ketika minum lebih dari tiga sampai empat liter air dalam waktu singkat, seperti satu atau dua jam,” jelas ketua pengobatan darurat di Rutgers New Jersey Medical School, Lewis Nelson, MD.

Baca Juga:
Sambil Menyelam Minum Air, Pendaftar SIM di Polrestabes Semarang Dapat Bonus Minyak Goreng dan Vaksinasi

Namun, tidak ada aturan jumlah cairan yang dianggap tidak aman, dan risiko keracunan air akan bervariasi tergantung pada frekuensi asupan, usia, jenis kelamin, dan kesehatan.

Ilustrasi minum air (pexels)
Ilustrasi minum air (pexels)

Keracunan air juga dapat berkembang dari terlalu banyak minum cairan lain, seperti bir. Kondisi ini disebut bir potomania, dilansir Insider.

Gejala keracunan air yang utama adalah sindrom neurologis. Sebab, terlalu banyak air dapat membuat otak membengkak dan mengganggu fungsi normal tubuh.

Tanda awal keracunan air terdiri dari sakit kepala, kebingungan, mual, muntah, dan kelupaan.

Jika tidak segera diobati, dapat menyebabkan gejala lain, seperti bicara cadel, kelemahan, halusinasi, kram otot, gangguan fungsi otak, kejang, dan koma.

Baca Juga:
Minum Air Putih Terlalu Banyak Tidak Baik bagi Tubuh, Ini Dampaknya

Keracunan air cenderung terjadi di antara orang dewasa yang berlari maraton, melakukan pelatihan militer, dan memiliki kondisi kesehatan mental seperti polidipsia psikogenik atau skizofrenia.

Baca :  Update Covid-19 Global: Amerika Serikat Kehabisan Dana untuk Tangani Pandemi!

Namun, kondisi ini juga bisa terjadi pada bayi. Bayi enam bulan tidak boleh minum air karena perutnya kecil dan ginjalnya belum berkembang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.