Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  5 Ciri-ciri Gejala Omicron Paling Banyak Dikeluhkan: Sakit Kepala, Bersin-bersin hingga Batuk

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Munculnya jerawat telinga bisa sangat mengganggu kualitas hidup Anda. Kira-kira, apa ya penyebab munculnya jerawat di dalam telingan?

Secara umum pakar mengatakan jerawat di dalam telinga sama seperti jerawat yang terbentuk di wajah Anda akibat meningkatnya produksi minyak, pori-pori tersumbat, bakteri atau peradangan.

Pakar dermatologi di Cornell-New York Presbyterian Medical Center, Marisa Garshick, MD, mengatakan, terkadang jerawat telinga bisa muncul begitu saja.

Tetapi, faktor-faktor tertentu juga dapat membuat jerawat telinga lebih mungkin berkembang misalnya sering menggunakan earbud atau headphone yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat terutama jika perangkat tidak dibersihkan secara teratur.

Baca Juga:
Ingin Pecahkan Rekor Dunia, Ini Sosok Wanita yang Punya Daun Telinga Selebar 8 Cm

ilustrasi telinga. (Shutterstock)
ilustrasi telinga. (Shutterstock)

“Tidak membersihkan ponsel Anda secara teratur juga dapat mentransfer bakteri, yang dapat menyebabkan jerawat,” kata dia.

Penumpukan kotoran telinga juga dapat berperan, karena kotoran dapat menyebabkan penumpukan minyak dan penyumbatan pori.

Lalu, bagaimana mengatasi jeawat di telinga ini? Memencet jerawat jelas tidak boleh karena bisa berkontribusi pada munculnya peradangan, jaringan parut dan meningkatkan kemungkinan infeksi, kata Dr. Garshick.

Anda bisa mengoleskan gel perawatan mengandung benzoil peroksida, untuk membunuh bakteri dan mengurangi kemerahan, menurut American Academy of Dermatology (AAD).

Kompres hangat yang diterapkan selama 10-15 menit juga dapat membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit.

Baca Juga:
Diklaim Ampuh Basmi Jerawat, Ini 5 Manfaat Tamanu Oil untuk Kesehatan Kulit Wajah

Selain itu, jauhkan earbud dari telinga Anda sementara waktu. Jika terasa menyakitkan, menghindari headphone akan meminimalkan gesekan di area tersebut.

Baca :  Hati-Hati, Sakit Telinga dan Tersumbat Bisa Jadi Gejala Kanker
Leave A Reply

Your email address will not be published.