Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Benarkah Melahirkan Caesar Membuat Perempuan Sulit Punya Banyak Anak?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Setiap orangtua tentu ingin anaknya terbiasa untuk berperilaku jujur. Karakter seperti itu bisa dilatih sejak dini agar anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik dan dipercaya semua orang.

Melatih kejujuran pada anak dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Ada berbagai cara yang bisa diterapkan untuk melatih anak berbuat jujur sejak kecil. Dikutip dari Ruang Guru, berikut 6 cara mengajarkan anak bersikap jujur sejak kecil.

1. Berikan contoh yang baik

Orangtua biasanya menjadi panutan bagi anak-anak. Apa yang anak lihat dari perilaku orangtuanya, bisa jadi mempengaruhinya untuk berperilaku demikian. Menurut California Department of Education, sejak anak berusia 3 tahun, ia sudah dapat meniru perilaku orang tuanya.

Orangtua dan anak remaja sedang berdiskus. (Ilustrasi/Shutterstock)
Orangtua dan anak remaja. (Ilustrasi/Shutterstock)

Oleh karena itu, orang tua perlu memberi contoh perilaku baik kepada anak. Dengan begitu, anak-anak juga akan termotivasi untuk berperilaku jujur seperti yang ditunjukkan oleh orang tuanya.

Baca Juga:
10 Tanda Wanita Aquarius Jatuh Cinta, Kadang Bikin Gemas karena Bertindak Konyol

2. Berikan apresiasi saat berkata jujur

Ketika anak sedang berkata jujur, berikanlah apresiasi, terutama bila ia mengakui hal yang ia takuti atau khawatirkan. Sebelum mengoreksi mereka, orangtua memberikan kalimat pujian atau sentuhan afeksi yang membuat anak merasa aman dan dihargai.

Hal tersebut dapat membantu anak untuk menanamkan perilaku jujur ke depannya. Biasanya, anak-anak sering kali tidak berkata jujur karena takut dimarahi. Oleh karena itu, biasakan untuk membuat anak merasa aman saat dia berkata dan berperilaku jujur.

3. Kenalkan anak pada cerita-cerita yang mengandung nilai kejujuran

Kenalkan cerita-cerita yang memiliki nilai kejujuran pada anak. Misalnya, dongeng cerita Si Kancil yang mengisahkan tentang Si Kancil suka mencuri mentimun dan dijauhi oleh teman-temannya karena gemar mencuri. Suatu hari ia menyadari sikapnya dan berjanji untuk tidak mencuri lagi.

Baca :  PPKM Level 3, Ini Penjelasan Lengkap Aturan Pembatasan Sosial dari Satgas COVID-19

Baca Juga:
Viral Pedagang Otak-Otak Dibayar 6 Kali Lipat, Reaksinya Bikin Publik Salut

Karena ia berkata jujur dan menepati janjinya, ia akhirnya dipercayai oleh teman-temannya. Dari cerita tersebut, anak-anak dapat belajar dan memperoleh banyak pelajaran untuk membangun karakter dirinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.