Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Berapa Lama Gejala Varian Omicron Akan Bertahan? Dokter Ungkap Faktanya

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Selain membuang racun dan produk limbah kimia dari darah, hati atau liver juga bertanggung jawab untuk menyaring darah yang beredar di seluruh tubuh.

Liver juga berfungsi mengubah nutrisi dan obat yang diserap dari saluran pencernaan menjadi bahan kimia siap pakai.

Di sisi lain, organ hati juga merupakan salah satu organ terbesar dalam tubuh yang memiliki fungsi kesehatan tak terhitung. Tak heran, dibutuhkan cara khusus untuk menjaga dan merawat organ hati atau liver.

Dalam sebuah wawancara dengan HT Lifestyle, Direktur – Hati, Pankreas, Program Transplantasi Usus dan Bedah HPB di Rumah Sakit Global di Parel Mumbai, Dr Gaurav Chaubal menyebut ada beberapa gejala sakit hati atau liver.

Baca Juga:
Waspada Efek Buruk Begadang Bisa Rusak 500 Fungsi Organ Tubuh

Gejala tersebut di antaranya:

  1. Kulit dan bola mata menguning
  2. Nyeri perut di kanan atas
  3. Perut bengkak atau asites
  4. Mual
  5. Tidak enak badan atau malaise
  6. Disorientasi atau kebingungan atau ensefalopati hepatik
  7. Dan kantuk berlebih

Lebih lanjut, berikut adalah stadium penyakit hati atau liver yang perlu Anda ketahui, seperti yang dipaparkan Dokter di Rumah Sakit Masina di Byculla Mumbai Dr Sulaiman Ladhani dan Dr Gaurav Chaubal.

Tahap 1: Hari Berlemak
Tahap ini terjadi ketika hati mulai menumpuk lemak. Tidak ada peradangan atau masalah hati di fase ini. Tidak ada pula gejala pada tahap awal. Sehingga banyak orang tidak menyadari bahwa ada penunpukan lemak di hati mereka.

Bagi banyak orang, hati berlemak tidak menyebabkan masalah kesehatan berarti. Dengan pola makan yang sehat dan olahraga yang teratur, kelebihan lemak di hati bisa dikurangi.

Tahap 2: Peradangan
Peradangan Steato hepatitis terjadi ketika penumpukan lemak di sel-sel hati disertai dengan sejumlah peradangan. Ini mempengaruhi sekitar 5 persen dari populasi. Jika jumlah jaringan yang rusak meningkat, hati pada akhirnya akan berjuang untuk memperbaiki dengan cukup cepat.

Baca :  Gejala Penyakit Hati Berlemak, Cek Bau Napas Anda Sepanjang Hari!

Baca Juga:
Pentingnya Mempelajari Pendidikan Hati dari Buku Agar Hati Tidak Keras

Pada fase ini, kerusakan sel-sel hati yang berkelanjutan dari sejumlah agen dan penyakit menyebabkan hati membesar dan orang tersebut mengalami sakit perut di kanan atas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.