Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Kenali Gejala Omicron Paling Umum hingga Berat yang Perlu Diwaspadai, Ini Daftarnya

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Punya masalah dengan gigi yang tidak rata? Tak perlu khawatir karena memasang behel bisa menjadi solusi untuk merapikan gigi. Hanya saja, perkiraan biaya merapikan gigi lengkap dengan behel ini tidak murah. Totalnya, tergantung jenis behel dan biaya perawatan serta lamanya waktu pemasangan. 

Melansir berbagai sumber, biaya merapikan gigi sangat dipengaruhi jenis behel yang dipilih. Ada empat jenis behel yang umum digunakan di Indonesia yakni behel behel damon, behel keramik, behel transparan, dan behel metal. Behel metal dibanderol dengan harga paling murah yakni Rp3 – Rp12 juta. Namun, bahan logam dan karet akan membuat pemakaian tidak nyaman. 

Jika memiliki budget yang lebih, pilihan bisa jatuh pada behel transparan dengan harga Rp20 juta. Kemudian behel keramik dengan warna putih menyerupai gigi dengan harga yang dipatok Rp8 – Rp15 juta.

Terakhir, untuk behel jenis damon harganya bisa mencapai Rp30 juta. Behel ini memiliki keunggulan dibanding jenis lain, yakni tidak lagi menggunakan karet atau pita, melainkan klip logam yang bisa mengunci secara otomatis sehingga rasanya lebih nyaman dan bisa lebih cepat membuat gigi rata. 

Baca Juga:Salsa ‘Cuaks’ TikTok Ngaku Pakai Behel Harga Rp 65 Ribu, Netizen Ketakutan: Calon Pasien Dokter Gigi

Tidak cukup hanya dengan biaya membeli behel, meratakan gigi juga perlu kontrol rutin setiap bulan ke dokter gigi. Biaya kontrolnya bisa mencapai Rp300.000 – Rp500.000 per sekali kontrol.

Jika pada umumnya pemakaian behel membutuhkan waktu dua tahun hingga gigi rata dengan estimasi biaya kontrol paling mahal, maka total biaya kontrol selama 24 bulan adalah Rp12 juta. 

Dari uraian di atas, perkiraan biaya merapikan gigi lengkap paling minimal adalah Rp15 juta. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan untuk merogoh kocek lebih mahal hingga Rp42 juta.

Baca :  Cegah Osteoporosis dan Osteoarthritis, Makanlah 5-6 Buah Plum Setiap Hari!

Tidak perlu khawatir karena biaya yang besar sebenarnya juga sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan. Behel tak sekadar membuat gigi tampak rapi, tetapi juga mengatasi masalah kesehatan mulut yakni memperbaiki artikulasi kata yang diucapkan dan mencegah erosi tulang. 

Struktur gigi yang tidak rata dapat berdampak kepada kejelasan kata yang kita ucapkan. Nah, penggunaan behel ternyata dapat membantu memperbaiki artikulasi. Hal ini karena behel membantu membuat gigi menjadi rata, sehingga secara langsung membuat artikulasi menjadi lebih jelas.

Baca Juga:Orangtua Mesti Tahu, Ini Waktu Tepat Cabut Gigi Susu Anak

Di samping itu, gigi yang tidak sejajar dapat menyebabkan keropos pada tulang,. Hal ini terjadi karena bakteri pada mulut menggerogoti tulang. Penggunanan behel akan menggerakkan ligamen periodontal dengan meregangkan jaringan ikat dan saraf. Hal ini akan membuat tulang terbentuk kembali secara alami.

Leave A Reply

Your email address will not be published.