Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Asosiasi Masih Pelajari Keputusan Pemerintah soal TikTok Shop Dilarang di Indonesia

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Indosat Digital Ecosystem (IDE) by Indosat Business, salah satu platform digital Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) yang bertujuan membantu UMKM untuk berkembang memasuki satu tahun.

Sepanjang satu tahun ini, platform ini telah membantu lebih dari 30.000 UMKM di Indonesia dalam pengambangan ekosistem digital.

Director & Business Officer IOH Muhammad Buldansyah mengatakan bahwa selain memberdayakan masyarakat, perusahaan juga melibatkan UMKM.

“Salah satunya adalah IDE guna memberdayakan masyarkat Indonesia dengan banyak program yang dicanangkan IDE,” ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Lewat IDE by Indosat Business, dia menambahkan, perusahaan dapat memberikan dukungan layanan edukasi dan data insight dalam one-stop-solutions digital ecosystem.

“Lewat IDE by Indosat Business kami juga membuka berbagai peluang kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki kesamaan visi untuk mendukung perkembangan UMKM di Tanah Air,” kata Muhammad Buldansyah.

Director & Business Officer IOH Muhammad Buldansyah daam jumpa pers di Jakarta, Rabu (8/11/2023). [Cariberita.co.id/Dythia Novianty]
Director & Business Officer IOH Muhammad Buldansyah daam jumpa pers di Jakarta, Rabu (8/11/2023). [Cariberita.co.id/Dythia Novianty]

Respons masyarakat selama satu tahun kehadiran IDE by Indosat Business sangat baik.

Hal ini ditandai dengan meningkatnya jumlah UMKM yang bergabung dari sejak didirikan setahun lalu.

Dari 30.000 UMKM bergabung pada 2023, jumlah itu mengalami peningkatan 23 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tingginya animo masyarakat terhadap platform ini, membuat Indosat optimistis bisa menghimpun satu juta UMKM hingga 2024 mendatang.

“Kalau sudah mengembangkan solusi lengkap, diharapkan bisa menjangkau lebih banyak pengguna,” ucap Muhammad Buldansyah

Pengembangan UMKM ke arah digital menjadikan target utama dari IDE untuk menjadikannya terus tumbuh.

VP Head of Business and Program IDE, Hadi Wijaya melihat sebagian besar UMKM di Indonesia masih bersifat tradisional.

“Pencatatan buku mereka masih via paper (kertas), kita masih terus memberikan pembinaan go digital,” ungkapnya.

Baca :  Cara Download Sound TikTok, Mudah Banget!

IDE by Indosat Business telah membentuk beberapa komponen dalam ekosistem digitalnya, antara lain IDE Academy yang merupakan wadah dan solusi para pengusaha untuk mendapatkan edukasi secara gratis dari para ahli.

IDE by Indosat Business. [Indosat Ooredoo Hutchison]
IDE by Indosat Business. [Indosat Ooredoo Hutchison]

Adapula Wawasan IDE yang merupakan kanal untuk mendapatkan wawasan berbasis data sesuai dengan kebutuhan bisnis tiap-tiap pelaku UMKM.

Tak ketinggalan, IDE by Indosat Business juga menyediakan wadah untuk berbagai solusi bisnis melalui Toko IDE di dalam platform yang sama.

“Kebanyakan UMKM di Indonesia merupakan usaha mikro yang harus level up dengan kendala sebagian besar adalah kurangnya akses ke pelanggan. Untuk itu diarahkan untuk penggunaan digital sistem,” pungkasnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.