Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  29 Kasus Cacar Monyet Terkonfirmasi, Akankah jadi Kejadian Luar Biasa?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kasus cacar monyet atau monkeypox kian bertambah. Hingga hari ini, Rabu (8/11/2023) telah terkonfirmasi 38 kasus positif. Hal ini lantas kian mengkhawatirkan karena angkanya terus meningkat.

Meski demikian, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menuturkan, penularan cacar monyet ini tidak secepat Covid-19. Dalam keterangannya, cacar monyet hanya bisa ditularkan dengan adanya hubungan seksual. Oleh sebab itu, masyarakat tidak mudah tertular seperti kasus Covid-19 sebelumnya.

“Jadi penularannya lewat seksual, jadi enggak secepat Covid-19 ya harus melalui hubungan seksual,” ucap Budi saat diwawancarai di Hotel JW Marriot, Jakarta Selatan, Rabu (8/11/2023).

Sementara itu, Budi juga juga mengingatkan kepada kelompok tertentu yang rentan berisiko alami cacar monyet harus bisa menjaga diri. Ia menyarankan, kelompok tertentu tersebut harus berhubungan seks dengan baik.

Ilustrasi Penyakit Cacar Monyet (Monkey pox). (unsplash/rodney james)
Ilustrasi Penyakit Cacar Monyet (Monkey pox). (unsplash/rodney james)

Bahkan, untuk mencegahnya juga disarankan untuk melakukan vaksinasi pada kelompok tertentu yang berada di daerah positif cacar monyet.

“Orang-orang tertentu ini kalau berhubungan seksual baik. Vaksinnya sudah ada, sudah 1.500 yang divaksinasi di daerah-daerah tertentu aja yang kena,” sambung Budi.

Bukan hanya vaksin, Budi menjelaskan, saat ini juga sudah ada obat untuk orang-orang yang alami cacar monyet serta sudah didistribusikan. Ia juga mengonfirmasi hingga saat ini tidak ada laporan korban meninggal karena obatnya sudah ada.

“Vaksinnya sudah ada, obatnya sudah ada, bagusnya belum ada yang meninggal karena obatnya ada,” ucap Budi.

Penularan Cacar Monyet

Terkait cacar monyet ini Pakar Mikrobiologi Klinik Universitas Indonesia (UI), Prof.dr.Amin Soebandrio, Ph.D., Sp.MK(K) menjelaskan, penularan penyakit ini sejauh ini paling banyak melalui hubungan seks.

Sementara untuk penularan karena udara atau air liur sendiri kemungkinannya kecil. Pasalnya, kemungkinan jika melalui air liur harus adanya luka terbuka baru bisa terinfeksi.

Baca :  Berada Dalam Pertemanan yang Toxic Hanya akan Menguras Energi, Begini Tanda-tandanya

“Kalau dilihat dari penularannya tidak secepat Covid-19 yang bisa lewat udara. Monkeypox itu bisa tertular kalau terkena percikan air liur atau dari hewan yang terinfeksi, dengan syarat ada luka terbuka dari orang yang terinfeksi,” ujar Prof. Amin beberapa waktu lalu.

Leave A Reply

Your email address will not be published.