Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Data WHO: Korban Meninggal karena COVID-19 Hampir 6 Juta Jiwa

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Rusa ekor putih di Staten Island telah ditemukan membawa varian Omicron yang sangat menular dari virus corona. Laporan ini juga menjadi yang pertama menemukan hewan liar terinfeksi virus tersebut.

Temuan ini menambah semakin banyak bukti bahwa rusa berekor putih mudah terinfeksi oleh virus. Hasilnya kemungkinan akan meningkatkan kekhawatiran bahwa rusa, yang tersebar luas di seluruh Amerika Serikat dan tinggal di dekat manusia, dapat menjadi reservoir virus dan sumber potensial varian baru.

Para peneliti sebelumnya telah melaporkan bahwa virus itu menyebar luas pada rusa di Iowa pada akhir 2020 dan sebagian Ohio pada awal 2021. Demikian seperti dilansir dari Times of India.

Departemen Pertanian AS telah mengkonfirmasi infeksi pada rusa di 13 negara bagian tambahan – Arkansas, Illinois, Kansas, Maine, Massachusetts, Minnesota, New Jersey, New York, North Carolina, Oklahoma, Pennsylvania, Tennessee dan Virginia – Lyndsay Cole, juru bicara untuk Layanan Inspeksi Kesehatan Hewan dan Tumbuhan badan tersebut, mengatakan pada hari Kamis.

Baca Juga:
Vaksinasi Lansia Lambat, Malaysia Prediksi Kasus COVID-19 Melonjak Hingga 15.000 Dalam Waktu Dekat

Ilustrasi omicron, negara pusat penyebaran omicron (pixabay)
Ilustrasi omicron, negara pusat penyebaran omicron (pixabay)

Hewan-hewan itu terinfeksi dengan varian virus sebelumnya. Penelitian menunjukkan bahwa rusa menangkap virus dari manusia dan kemudian menyebarkannya ke rusa lain, dan tidak ada bukti bahwa hewan tersebut menularkannya kembali ke manusia.

Tetapi penyebaran virus dalam jangka panjang dan meluas pada rusa akan memberi virus lebih banyak kesempatan untuk bermutasi, berpotensi memunculkan varian baru yang dapat menyebar ke manusia atau spesies hewan lain.
“Sirkulasi virus pada rusa memberikan peluang untuk beradaptasi dan berevolusi,” kata Vivek Kapur, ahli mikrobiologi veteriner di Penn State University, yang merupakan bagian dari tim peneliti Staten Island.

Baca :  April 2022 Masuk Indonesia dari Luar Negeri Tak Wajib Karantina Lagi

“Dan kemungkinan besar akan kembali dan menghantui kita di masa depan.”

Para peneliti juga menemukan bahwa satu rusa dengan Omicron sudah memiliki tingkat antibodi yang tinggi terhadap virus, menunjukkan bahwa ia mungkin telah terinfeksi sebelumnya.

Omicron telah terbukti mampu menghindari beberapa pertahanan sistem kekebalan pada manusia. Jika pada rusa sama kekebalannya, hewan yang terinfeksi selama wabah sebelumnya mungkin rentan terhadap infeksi ulang.

Baca Juga:
Heboh Wisatawan Positif Covid-19 Plesiran di Batu Malang Bikin Pemda Kelimpungan

Berita bahwa Omicron telah melanggar populasi rusa berekor putih tidak terduga, kata para ahli.

Leave A Reply

Your email address will not be published.