Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Belanja di Indomaret Kini Bisa Dibayar Pakai OVO

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kementerian Kesehatan RI menyesuaikan status warna PeduliLindungi akan berubah berdasarkan kriteria saat pasien dinyatakan selesai isolasi mandiri atau isoman.

“Ketentuan itu sesuai pada Surat Edaran Nomor HK.02.01/MENKES/18/2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Kasus COVID-19 Varian Omicron,” kata Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan Setiaji melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa malam (15/2/2022).

Pada kasus konfirmasi, kata dia, status hitam kembali ke warna semula setelah tes PCR ulang dua kali dengan hasil negatif paling cepat dilakukan pada H+5 dan H+6 sejak positif COVID-19 dengan selang waktu pemeriksaan minimal 24 jam.

“Tanpa tes ulang maka status hitam otomatis selesai pada H+10,” katanya.

Baca Juga:
Ada Empat, Ini Arti Status Warna Kode QR di Aplikasi PeduliLindungi

Ia mengatakan hari pertama positif COVID-19 terhitung mulai dari tanggal hasil laboratorium keluar.

Ia memberi contoh sebagai berikut: seseorang terkonfirmasi positif Covid-19 pada 1 Februari dari hasil tes antigen atau PCR. Maka 2 Februari akan dihitung sebagai H+1 positif.

Selanjutnya, tanggal 3 Februari adalah H+2 positif, kemudian 4 Februari merupakan H+3 positif, dan 5 Februari sudah H+4 positif. Maka pada 6 Februari atau H+5 positif akan dilakukan tes PCR ulang pertama. Tes PCR ulang kedua digelar pada 7 Februari atau H+6 positif.

“Tes ulang harus melalui pemeriksaan PCR. Hasil tes negatif dengan antigen tidak diakui. Apabila hasil kedua tes PCR ulang negatif, status hitam selesai, dan otomatis kembali ke warna semula,” katanya.

Tanpa tes ulang menggunakan PCR atau ketika hasil tes masih positif, kata Setiaji, isolasi mandiri wajib dilanjutkan hingga minimal 10 hari dan status hitam selesai pada H+10 sejak dinyatakan positif COVID-19.

Baca :  Aplikasi PeduliLindungi Hilang dari App Store, Ini Solusinya

Baca Juga:
Cara Cetak Sertifikat Vaksin dari Aplikasi Pedulilindungi

“Perhitungannya sebagai berikut, 8 Februari adalah H+7 positif, lalu 9 Februari sudah H+8 positif, 10 Februari merupakan H+9 positif, dan akhirnya 11 Februari H+10 positif. Maka isolasi mandiri selesai,” pungkas dia. [Antara]

Leave A Reply

Your email address will not be published.