Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Rambut Perempuan Rontok Hingga Hampir Botak Usai Tes Pap Smear, Kenapa?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Setiap orang pasti memiliki rambut halus dan tipis di area wajah. Tapi, beberapa orang mungkin memilikinya lebih tebal dan kasar.

Rambut wajah yang terlalu lebat ini dikenal sebagai hirsutisme. Kondisi ini pastinya dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama gaya hidup.

Sebenarnya, ada banyak cara untuk menghilangkan rambut wajah yang lebat. Tapi dilansir dari Bright Side, Anda bisa memulainya dengan menghindari beberapa faktor pemicu pertumbuha rambut di wajah berikut ini.

1. Tidak memperhatikan paparan BPA

Baca Juga:
Indonesia Belum Pakai Vaksin Covid-19 Halal, MUI Desak DPR Panggil Kemenkes

BPA adalah pengganggu endokrin yang bisa mengganggu hormon Anda. Contohnya, struk belanjaan yang Anda peroleh dari supermarket itu mengandung BPA 250 hingga 1.000 kali lebih besar dari jumlah BPA pada makanan kaleng.

struk belanja. (Shutterstock)
struk belanja. (Shutterstock)

Tubuh Anda dapat menyerap bahan kimia berbahaya ini melalui kulit. Saat tubuh menyera bahan kimia ini, BPA bisa memengaruhi kesehatan reproduksi dan sistem endokrin Anda.

Pada gilirannya, bahan kimia ini bisa menyebabkan pertumbuham rambut wajah yang tidak diinginkan. BPA dapat ditemukan dalam berbagai produk, termasuk botol air, serbet, dan kertas toilet.

2. Tidak punya waktu untuk olahraga

Meluangkan waktu untuk olahraga bisa membantu mengurangi pertumbuhan rambut wajah. Kelebihan berat badan bisa meningkatkan peluang Anda memiliki lebih banyak rambut di area dagu dan bibir atas.

Baca Juga:
Ciri-ciri Gejala Omicron Pada Orang yang Sudah Vaksin COVID-19

Karena itu, cobalah lebih bisa meluangkan waktu untuk olahraga ringan atau sedang, seperti berenang atau berjalan untuk mencegah pertumbuhan rambut yang tidak diinginkan.

3. Sering makan ikan

Ikan salah satu makanan yang menyehatkan. Tapi, konsumsi ikan terlalu sering membuat asupan protein Anda lebih banyak. Hal ini bisa menyebabkan pertumbuhan rambut di wajah lebih cepat.

Baca :  Apa itu Omicron Siluman: Ini Gejala dan Tingkat Keparahannya, Segera Periksakan Diri Jika Mengalami Gejala Ini!

Apalagi, ikan berminyak seperti salmon dan mackerel terbukti meningkatkan testosteron pada wanita dan memiliki tingkat hormon yang lebih tinggi dari normal.

4. Selalu minum kopi

Beberapa orang kebiasaan selalu mengawali hari dengan minum kopi panas. Kopi memang bisa meningkatkan kewaspadaan, tetapi juga meningkatkan produksi testosteron.

Penelitian menunjukkan bahwa minum kopi secara teratur hanya selama 4 minggu bisa meningkatkan kadar testosteron total dalam tubuh. Jika Anda belum siap untuk melepaskan secangkir kopi harian Anda, pilihlah kopi tanpa kafein atau kopi instan yang mengandung sedikit kafein.

5. Stres

Stres akibat berada di bawah tekanan konstan bisa mengganggu keseimbangan hormon alami tubuh. Saat hormon Anda sedang rusak, itu bisa mempengaruhi kesehatan Anda secara keseluruhan dan menyebabkan rambut yang tidak diinginkan tumbuh lebih cepat, seperti di wajah Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.