Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Tinggal di Wilayah Risiko Infeksi Rendah, Masyarakat AS Tak Wajib Gunakan Masker

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Sekitar 40-50 perse bayi lahir memiliki benjolan kecil putih di wajah mereka, terutama di bagian bawah mata. Benjolan putih yang menyerupai jerawat ini disebut sebagai milia.

Tak hanya bayi, beberapa orang dewasa juga bisa memiliki benjolan putih kecil ini di bawah matanya. Milia ini dipenuhi dengan keratin yang terperangkap tepat di bawah kulit Anda..

Umumnya, benjolan putih kecil ini muncul di kelopak mata, pipi dan dahi. Sayangnya, banyak orang yang percaya bahwa milia ini merupakan jerawat meskipun keduanya sangat jauh berbeda.

Meskipun tidak ada yang benar-benar tahu apa yang menyebabkan milia, tetapi ada beberapa faktor pemicunya, seperti kulit yang rusak.

Baca Juga:
Temuan Baru: Virus Corona Bisa Bertahan di Udara Selama 30 Menit dan Menyebar Sejauh 60 Meter

Efek iritasi, paparan sinar matahari, luka bakar, atau produk perawatan kulit yang berat dapat menyebabkan milia.

Ilustrasi kulit wajah (unsplash.com)
Ilustrasi kulit wajah (unsplash.com)

Penyebab lain dari milia adalah penumpukan kulit mati yang terperangkap di pori-pori. Tapi, milia ini juga bisa dipengaruhi oleh faktor genetik.

Anda tidak perlu melakukan apa pun untuk mengatasi benjolan tersebut, karena sama sekali tidak berbahaya. Tapi, Anda bisa konsultasi dengan dokter kulit jika sudah mulai mengkhawatirkannya.

Sebenarnya dilansir dari Bright Side, tindakan pencegahan pun belum tentu efektif mencegah milia. Tapi, Anda bisa melakukan beberapa langkah ini.

1. Melembabkan dan melindungi kulit

Baca Juga:
Satgas Covid-19 Sebut karena Virus Corona Tidak Konsisten, Bikin Pemerintah Ubah-ubah Aturan Karantina

Pakai tabir surya dan pelembab yang baik adalah ide yang bagus untuk merawat kulit. Produk-produk ini akan membantu kulit tetap terlindungi, lembut, dan fleksibel. Asalkan, jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya, termasuk di musim dingin.

Baca :  Demi Badan Terlihat Keras dan Padat, Chris Hemsworth Membuat Dirinya Dehidrasi sebelum Syuting Adegan Shirtless

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah tahapan perawatan kulit yang sama pentingnya dengan memakai pelembab. Anda bisa memakai scrub yang lebih agar tidak merusak kulit dan menyebabkan lebih banyak benjolan. Hapus sel-sel mati dengan hati-hati di rumah atau pergi perawatan kulit wajah.

3. Pakai retinol

Retinol salah satu produk wajah yang bisa membantu mengatasi milia. Krim retinol bisa membantu mencegah penumpukan sel kulit mati. Tapi, Anda harus berhati-hati karena beberapa produk retino bisa membuat kulit menjadi kasar.

4. Asam salisilat

Asam ini sering direkomendasikan sebagai cara untuk memerangi jerawat, yang mungkin saja bisa mengatasi milia.

Bahan kimia ini bisa membantu melepaskan kista milia. Anda bisa menggunakannya dengan cara dioles ke wajah sebelum tidur. Jika masih ragu, Anda bisa coba berkonsultasi dengan dokter kulit mengenai bagaimana cara menghilangkan milia dengan tepat. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.