Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Tidak Semua Karbohidrat Itu Buruk untuk Kesehatan, Tergantung Jenisnya

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Anda mungkin pernah merasakan kaki terasa berat setelah seharian bekerja atau memakai high heels.

Sensasi tidak menyenangkan pada kaki ini sering kali menyebabkan ketidaknyamanan. Sehingga, kebanyakan orang biasanya memilih untuk pijat.

Tapi sebenarnya, ada cara lain yang bisa kita lakukan untuk meredakan kaki sakit dan pegal. Berikut ini dilansir dari BrightSide, beberapa cara rumahan yang bisa meredakan kaki pegal dan berat.

1. Membungkus kaki dengan daun kubis

Baca Juga:
Bukan Ruam, Ahli Temukan Efek Samping Baru Booster Vaksin Pfizer pada Kulit!

Selain meningkatkan pencernaan dan menjaga hati Anda tetap bahagia, kubis dapat meredakan sensasi kaki bengkak yang tidak menyenangkan.

Anda bisa mendinginkan beberapa daun kol di lemari es dan bungkus di sekitar area kaki yang bengkak atau pegal.

Ilustrasi kubis. (Pixabay)
Ilustrasi kubis. (Pixabay)

Ulangi cara ini sampai kaki terasa lebih baik. Karena, kubis mengeluarkan kelebihan cairan yang berfungsi mengurangi pembengkakan secara alami.

2. Pakai pakaian yang longgar

Meskipun pakai skinny jeans membuat penampilan lebih menarik dan jenjang. Tapi, memakainya terlalu sering bukan pilihan terbaik saat kaki terasa berat dan pegal.

Baca Juga:
Infeksi Gusi, Ini 2 Gejala Lainnya yang Menunjukkan Tanda Diabetes

Pakaian ketat justru menyempitkan pembuluh darah dan mencegah aliran balik vena. Pada akhirnya, hal ini dapat menyebabkan pembengkakan.

Tapi, pakai celana yang lebih longgar akan terasa nyaman dan tidak akan menampak sakit dan bengkak kaki Anda.

3. Angka kaki lebih tinggi dari badan

Setelah duduk seharian di meja kerja, Anda bisa mengalamis akit punggung dan penumpukan cairan di kaki yang menyebabkan pegal.

Tapi, Anda bisa meredakannya dengan menyandarkan kaki ke dinding atau lainnya agar lebih tinggi dari tubuh. Cara ini akan mendorong aliran balik vena dan meningkatkan sirkulasi darah supaya kaki lebih ringan.

Baca :  Bisa Jadi Indikasi Kanker Prostat, Perhatikan Seberapa Sering Anda Buang Air Kecil

4. Berenang

Berenang adalah cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap bugar dan menghilangkan stres setelah sibuk bekerja. Jika Anda juga memiliki keluhan kaki bengkak atau pegal, berenang salah satu cara terbaik untuk meredakannya.

Air bermanfaat bagi aliran balik vena di kaki Anda dan mengurangi tekanan menyakitkan pada kaki yang bengkak, membuatnya terasa lebih ringan.

5. Tidur miring ke kiri

Saat kaki terasa pegal dan bengkaka, jangan pernah tidur tengkurap atau telentang. Cobalah tidur miring ke kiri untuk mengurangi pembengkakan, karena tekanan dari vena besar yang bertanggung jawab atas kembalinya darah dari bagian bawah tubuh ke jantung.

Jangan lupa gunakan bantal ekstra untuk mengangkat kaki di malam hari, karena bisa membantu mencegah pembengkakan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.