Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Terpopuler Kesehatan: Covid-19 Bikin Otak Menyusut, Jessica Iskandar Kena Long Covid?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Seorang pakar hak asasi manusia di Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) meminta dunia menyediakan jutaan dosis vaksin Covid-19 ke Korea Utara, di mana tindakan antipandemi “kejam” memperburuk krisis pangan yang sudah parah.

Seperti telah banyak diketahui, bahwa negara tersebut telah berada di balik blokade virus corona yang diberlakukan sendiri secara ktat sejak awal 2020 untuk melindungi diri dari pandemi, dengan ekonomi menderita dan perdagangan terhenti.

Tindakan anti-Covid “kejam” di negara itu, termasuk penutupan perbatasan dan pembatasan lebih lanjut pada kebebasan bergerak domestik, telah memperburuk krisis pangan, kata Tomas Ojea Quintana, pelapor khusus PBB untuk hak asasi manusia.

Ilustrasi vaksin covid-19, Efek Samping Vaksin Covid-19 Pada Anak (Freepik)
Ilustrasi vaksin covid-19, Efek Samping Vaksin Covid-19 Pada Anak (Freepik)

Aktivitas pasar domestik yang penting telah terputus, dan pekerja bantuan internasional terpaksa pergi, dengan operasi kemanusiaan dihentikan, katanya, menambahkan bahwa populasi yang rentan berisiko kelaparan.

Baca Juga:
Jumlah Pasien Meninggal karena Covid-19 di Batam Menjadi 5 Orang

Komunitas internasional harus “menyetujui strategi untuk memberikan 60 juta dosis vaksinasi kepada DPRK untuk mencakup setidaknya dua suntikan untuk seluruh populasi,” kata Quintana pada konferensi pers di Seoul, Rabu.

Vaksinasi adalah “kunci untuk membuka perbatasan DPRK … dan membawanya keluar dari isolasi,” tambahnya, menggunakan akronim untuk nama resmi Korea Utara.

Korea Utara belum mengkonfirmasi satu kasus virus corona baru.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, Korea Utara pada akhir 2020 telah melakukan 13.259 tes Covid-19, yang semuanya negatif.

Perusahaan itu seharusnya menerima lebih dari 1,7 juta dosis vaksin AstraZeneca melalui program Covax tahun lalu, tetapi menolaknya karena khawatir akan efek sampingnya, Yonhap melaporkan saat itu.

Baca Juga:
Kota Magelang PPKM Level 4, Petugas Medis Siaga Jangkau Pasien Hingga Tingkat RW

Baca :  Saat Dokter-dokter Beri Penyuluhan Kesehatan ke Santri Pesantren, Apa Saja yang Dibahas?

Ia juga menolak tawaran vaksin dari sekutu Rusia dan China, kata laporan lokal.

Leave A Reply

Your email address will not be published.