Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Jangan Bingung, Begini Cara Menghitung Win Rate Mobile Legends

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Bangkai kapal Endurance milik penjelajah terkenal Sir Ernest Shackleton ditemukan di lepas pantai Antartika setelah 107 tahun menghilang.

Keberadaan kapal kayu yang menghilang ke Laut Weddell setelah terperangkap dalam es pada 1915 itu telah menjadi misteri selama beberapa dekade.

Namun, sebuah ekspedisi kini telah menemukan bangkai kapal tersebut dalam kondisi utuh pada kedalaman 3.008 meter.

Bangkai kapal itu ditemukan oleh Endurance22, sebuah tim yang berangkat dari Cape Town, Afrika Selatan, sebulan setelah peringatan 100 tahun kematian Sir Ernest.

Baca Juga:
Bukan Antartika, Ini Wilayah Terdingin di Dunia

Direktur ekspedisi mengatakan rekaman Endurance menunjukkan kapal tersebut dalam kondisi utuh dan sejauh ini merupakan bangkai kapal kayu terbaik yang pernah dilihatnya.

“Kami penuh keberuntungan dalam menemukan dan menangkap gambar kapal tersebut,” kata Mensun Bound, seperti dikutip dari Independent, Jumat (11/3/2022).

Ekspedisi pencarian kapal Endurance, milik Sir Ernest Shackleton. [Esther Horvath/Falklands Maritime Heritage Trust/AFP]
Ekspedisi pencarian kapal Endurance, milik Sir Ernest Shackleton. [Esther Horvath/Falklands Maritime Heritage Trust/AFP]

Penjelajah Sir Ernest dikenal sebagai pahlawan nasional pada awal abad ke-20 setelah memimpin tiga ekspedisi Inggris ke Antartika antara 1907 dan 1922.

Pada ekspedisi keduanya, ia dan kru Endurance berangkat untuk mencapai penyebrangan darat pertama Antartika.

Tapi, kapal tidak berhasil mencapai daratan dan terjebak dalam es padat, memaksa 28 orang di kapal untuk meninggalkan kapal.

Baca Juga:
Antartika Diduga Simpan 300 Ribu Batuan Luar Angkasa Tersembunyi

Meskipun terdampar di atas es selama sekitar 10 bulan, semua orang kecuali tiga kru berhasil kembali ke rumah dalam keadaan hidup-hidup.

Baca :  Review Samsung Galaxy Tab S8 Ultra: Tablet 'Gila' Pembuka 2022
Leave A Reply

Your email address will not be published.