Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

4 Gejala Omicron yang Sering Tidak Disadari, Waspadai Sejak Dini!

0

Cariberita.co.id – Merebaknya virus Covid-19 varian Omicron membuat Indonesia kembali menaikkan tingkat kesiapannya. Awalnya banyak daerah sudah mencapai Level 2 pada PPKM, kini harus kembali masuk ke Level 3. Sialnya tidak sedikit gejala Omicron yang sering tidak disadari.

Rendahnya kesadaran ini bisa disebabkan berbagai hal memang. Namun fokus utama artikel singkat kali ini adalah untuk mengingatkan, bahwa gejala-gejala yang terasa umum dan seperti flu biasa ini bisa jadi tanda seseorang terkena Omicron.

Maka tidak berpanjang lebar lagi, mari kita lihat gejala Omicron yang sering tidak disadari orang kebanyakan.

1. Sakit Tenggorokan Disertai Batuk

Baca Juga:
Sederet Gejala Omicron pada Lansia yang Wajib Diketahui, Jangan Sampai Mengabaikan Tanda-tanda Berikut!

Sebenarnya gejala ini bahkan sudah jadi keluhan sejak awal kemunculan Covid-19 di Indonesia. Namun seiring berjalannya waktu identifikasi pada gejala ini makin sensitif, sehingga masyarakat mulai sadar. Omicron memiliki gejala serupa, waspadai ketika Anda mengalami sakit tenggorokan disertai batuk tidak berdahak. Ada baiknya segera tes Antigen atau PCR.

2. Tidak Selalu Anosmia

Jika pada Covid-19 varian lain penderita mengalami anosmia atau kehilangan kemampuan indera penciuman, pada Covid-19 varian Omicron ini hal tersebut tidak selalu terjadi. Bahkan beberapa orang terdeteksi terjangkit Omicron ketika kondisi indera penciumannya benar-benar normal. Jadi jangan terlena dengan kondisi, tetap waspada dan cek secara berkala.

Ilustrasi radang tenggorokan
Ilustrasi radang tenggorokan

3. Mengalami Nyeri Otot atau Punggung

Gejala ini mungkin jadi salah satu yang paling tidak disadari, dan dialami oleh banyak orang. Selain karena aktivitas dan kondisi fisik, nyeri otot dan punggung bisa disebabkan oleh infeksi Omicron. Jadi mulai sekarang, jangan sepelekan nyeri yang Anda rasakan ya. Ketika terjadi beberapa hari berturut-turut, segera cek dengan tes Antigen atau PCR untuk memastikan keadaan.

Baca Juga:
Kasus Makin Melonjak, Kapolri Sebut Varian Omicron Bisa Picu Kematian ke Lansia dan Pengidap Komorbid, Jika…

4. Merasa Kelelahan

Masih terkait kondisi fisik, kelelahan yang dialami tanpa sebab juga bisa jadi salah satu gejala Omicron yang jarang disadari. Meski tak selalu berarti Anda mengalami Omicron, tapi kebanyakan pasien yang positif virus ini mengalami keluhan tersebut.

Sebenarnya mewaspadai gejala Omicron yang sering tidak disadari ini menjadi pekerjaan rumah kita bersama. Karena gejalanya sangat mirip dengan flu biasa, maka Anda wajib meningkatkan kewaspadaan. Jangan ragu melakukan tes Antigen secara rutin sebagai salah satu bentuk kontrol pada kondisi tubuh Anda. Bila diperlukan, ambil tes PCR untuk memastikannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.