Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  WHO: Tingkat Keparahan Subvarian BA2 dan BA1 Sama dengan Varian Omicron

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Tampil percaya diri dengan bentuk badan yang ideal mungkin jadi impian sangat banyak orang. Namun faktanya, tak sedikit juga orang yang mengalami kondisi perut buncit. Penyebab perut buncit sendiri sebenarnya beragam, dari alasan kesehatan hingga pola hidup yang kurang baik.

Nah, untuk menghindari terjadinya perut buncit, maka rasanya penting untuk Anda semua memahami kira-kira apa saja penyebab perut buncit ini. Simak selengkapnya dalam poin singkat berikut ini.

1. Secara Alami, Karena Hormon Seks

Tubuh manusia, baik pria maupun wanita, memiliki tempat penyimpanan lemak alami yang berbeda. Tubuh wanita akan cenderung menyimpan lemak di bagian pinggul, pantat, atau paha. Hal ini dipengaruhi oleh hormon estrogen yang ada pada tubuh wanita.

Baca Juga:
Berpikir Positif Bisa Tingkatkan Kesehatan Emosional, Ini Hubungannya!

Pada pria, seperti yang mungkin sudah Anda tebak, penumpukan lemak akan terjadi di bagian perut. Hal ini merupakan pengaruh dari kerja hormon testosteron, sehingga pria cenderung lebih mudah terlihat buncit daripada wanita.

2. Stres yang Tidak Dikelola

Penyebab perut buncit selanjutnya adalah stres. Tapi bagaimana bisa?

Hal ini dipicu oleh kadar hormon kortisol yang meningkat, sedangkan hormon ini adalah hormon yang berperan dalam meningkatkan nafsu makan.

Sudah dapat dibayangkan arah paragraf ini bukan? Dorongan untuk mengkonsumsi makanan manis, berkalori tinggi, serta kandungan lemak yang tinggi dapat memicu penumpukan lemak di bagian perut. Hormon kortisol yang terlalu tinggi juga dapat meningkatkan jumlah lemak pada tubuh.

Baca Juga:
5 Tanda yang Menunjukkan Kamu Terjebak dalam Depresi Berkepanjangan, Segera Cari Bantuan!

Perut yang buncit kerap kali menjadi masalah bagi banyak orang.
Perut yang buncit kerap kali menjadi masalah bagi banyak orang.

3. Kurang Berolahraga

Jelas jadi salah satu penyebab perut buncit selanjutnya adalah kurangnya kadar olahraga yang dilakukan secara rutin. Sebenarnya ketika terjadi penumpukan lemak namun olahraga yang dilakukan cukup intens, maka lemak ini bisa segera dibakar dan justru membantu Anda mendapatkan tubuh ideal.

Baca :  Sama-Sama Hormon 'Bahagia', Cara Kerja Serotonin dan Dopamin Ternyata Berbeda!

Namun ketika olahraga yang dilakukan jarang, maka penumpukan lemak akan terus terjadi tanpa ada pembakaran optimal. Akibatnya, bagian perut akan semakin besar dan penampilan jadi kurang baik secara visual.

4. Jam Tidur yang Berantakan

Tak sedikit orang di perkotaan yang memiliki jam tidur kacau. Hal ini, secara langsung dapat meningkatkan resiko perut buncit pada tubuh manusia.

Secara klinis, kurang tidur dapat memicu hormon ghrelin dan menurunkan hormon leptin. Ketika ini terjadi, maka tubuh secara alami akan merasa lebih mudah lapar dan terus menerus ingin makan sesuatu. Kombinasi yang sempurna dengan tiga poin sebelumnya bukan?

5. Camilan dan Alkohol

Secara umum mungkin konsumsi alkohol akan dituliskan jadi penyebab utama. Namun sebenarnya yang jadi penyebab utama penumpukan lemak adalah makanan lain yang dikonsumsi bersama minuman beralkohol.

Ketika Anda mengkonsumsi minuman beralkohol, efek dasar yang muncul adalah rasa lapar terus menerus. Padahal di waktu yang sama ketika ada makanan yang dikonsumsi, maka kalorinya akan semakin besar  dan menjadi penyebab penumpukan lemak yang terjadi di perut.

Mengenali penyebab perut buncit di atas, kini Anda sudah tahu apa yang harus dilakukan bukan? Nah, semoga artikel ini bermanfaat, dan terus terapkan pola hidup sehat kapanpun dan dimanapun Anda berada!

Leave A Reply

Your email address will not be published.