Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Demi Badan Terlihat Keras dan Padat, Chris Hemsworth Membuat Dirinya Dehidrasi sebelum Syuting Adegan Shirtless

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Awal januari 2022, ilmuwan di Siprus melaporkan bahwa mereka telah menemukan varian baru SARS-CoV-2. Varian yang dikenal dengan bernama Deltacron, merupakan hibrida dari Delta dan Omicron. 

Pimpinan penelitian itu, Dr. Leondios Kostrikis, seorang profesor Ilmu Biologi di Universitas Siprus, mengatakan bahwa varian Deltacron memiliki genom mirip Delta dengan karakteristik Omicron.

Tim menyatakan bahwa Deltacron telah diidentifikasi pada 25 individu – beberapa dirawat di rumah sakit dan beberapa di masyarakat. Lantas pertanyaannya kemudian, dari mana asa-usul Deltacorn? Benarkah varian Deltacron berasal dari kontaminasi di laboratorium. 

Dilansir dari Medical News Today, Dr. Jeffrey Barrett, Direktur Inisiatif Genomik COVID-19 di Wellcome Sanger Institute di Inggris, percaya bahwa temuan ini disebabkan oleh kesalahan laboratorium.

Baca Juga:
Muncul Varian Deltacron di Negara Eropa, Begini Tanggapan Kemenkes RI

Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)
Ilustrasi virus Corona Covid-19. (Dok. Envato)

“Ini hampir pasti bukan rekombinan biologis dari garis keturunan Delta dan Omicron,” katanya. “Mutasi Omicron yang nyata terletak tepat dan eksklusif di bagian urutan yang mengkode gen lonjakan (asam amino 51 hingga 143) yang dipengaruhi oleh artefak teknologi dalam prosedur pengurutan tertentu.”

Menulis di Twitter, Dr. Tom Peacock, seorang ahli virologi di Imperial College London di Inggris, juga menolak temuan tersebut, dengan mengatakan bahwa “urutan ‘Deltacron’ Siprus yang dilaporkan oleh beberapa media besar terlihat jelas merupakan kontaminasi.”

Dalam tweet terpisah, ia tetap mengklarifikasi bahwa ini bukan karena praktik lab yang buruk, dengan menyatakan bahwa itu “terjadi pada setiap lab pengurutan sesekali.”

Bukti evolusi tampaknya mendukung komentar mereka. Beberapa ahli telah menyatakan bahwa jika Deltacron benar-benar varian rekombinan baru, sampel akan mengelompok pada cabang yang sama dari pohon filogenetik SARS-CoV-2.

Baca :  Rentan Alami Masalah Psikososial, Pengidap Thalasemia Sering Minder dan Rendah Diri

Namun, Deltacron muncul secara acak di beberapa cabang, yang menurut para ahli merupakan tanda pasti kontaminasi.

Baca Juga:
5 Fakta Varian Deltacron Covid, Rekombinasi Delta dan Omicron

Namun, Dr. Kostrikis mempertahankan temuannya. Dia menegaskan bahwa karena tingkat infeksi Deltacron lebih tinggi pada pasien rawat inap daripada individu yang tidak dirawat di rumah sakit, hipotesis kontaminasi lebih kecil kemungkinannya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.