Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Kombinasikan CPU dan GPU Terbaru, ASUS TUF Gaming A16 Advantage Edition Resmi Diluncurkan

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Baru-baru ini, ramai diperbincangkan sebuah video viral di TikTok yang memperlihatkan anak kecil yang sedang dimarahi oleh orang tuanya karena bermain Roleplay atau yang dikenal sebagai RP. Apa bahaya game Roleplay di tiktok ini?

Dalam video tersebut, anak berusia 11 tahun kedapatan melakukan roleplay dengan orang tidak dikenal di internet. Ada beberapa bahaya yang bisa terjadi ketika anak bermain roleplay ini, simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Game Roleplay di TikTok?

Sebagai informasi, game roleplay ini merupakan permainan di mana setiap peserta menggunakan peran karakter yang umumnya dalam latar fiksi ilmiah dan berinteraksi dalam dunia maya.

Baca Juga:
Biasa Tidur Bertiga, Istri Kedua Ini Cerita Perasaannya Menunggu Sang Suami ‘Wikwik’ dengan Istri Pertama

Dilansir dari Cariberita.co.id, roleplayer bisa terhubung sesama roleplayer melalui fitur RP TikTok dengan saling follow. Mereka bisa membuat video dengan menirukan tokoh idolanya mereka.

Dampak Game Roleplay Bagi Anak

Dibalik keseruannya, game roleplay ini bisa berdampak buruk bagi anak-anak, salah satunya berimbas kepada aksi pornografi. Tak hanya itu, anak juga bisa menjadi korban Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO).

Konten kekerasan ini dapat mempengaruhi emosi dan kesehatan mental anak-anak. Hal ini tidak sesuai usia, konflik yang intens atau karakter dengan sikap negatif dapat mempengaruhi persepsi dan perilaku anak-anak di dunia nyata.

Bagi dampak kesehatan, roleplay dapat membuat ketagihan pemain dan dapat mengganggu tanggung jawab di kehidupan nyata. Pemain bisa ketagihan bermain dan menghabiskan banyak waktu untuk bermain hingga berjam-jam lamanya. Dengan kecanduan ini, pemain juga sulit untuk menghentikannya dan menarik diri dari game tersebut.

Baca Juga:
Bikin Malu! Viral Video Pemain Argentina Alejandro Garnacho Dimaki Fans Barbar yang Minta Foto Bareng

Baca :  Viral Murid Kerokan di Sekolah, Aksi Teman-temannya Bikin Ngakak

Bermain roleplay ini bisa mengakibatkan anak-anak menghabiskan waktu terlalu banyak di depan layar dan mengurangi partisipasi dalam aktivitas fisik yang penting untuk kesehatan. Ketergantungan ini bisa mengganggu tidur yang cukup, kegiatan sekolah, dan interaksi sosial di dunia nyata.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dari game roleplay, tentu orang tua harus memberikan pemahaman dan edukasi kepada anak saat menggunakan media sosial untuk menghindari penyebaran konten sensitif, ujaran kebencian, hingga kejahatan di dunia maya.

Demikian ulasan mengenai bahaya game roleplay di TikTok yang dapat kamu ketahui. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk kamu!

Kontributor : Muhammad Zuhdi Hidayat

Leave A Reply

Your email address will not be published.