Bukan Sekadar Pengantar Tidur, Mendongeng Berperan Penting Dalam Perkembangan Psikologis Anak

Cariberita.co.id РSekarang ini, banyak orangtua beralih ke teknologi untuk menghibur anak-anak mereka dan melupakan tradisi yang biasanya dilakukan sebelum tidur, yakni storytelling atau mendongeng.

Mendongeng tidak hanya sekadar aktivitas untuk membuat anak-anak tertidur, tetapi juga memainkan peran penting dalam perkembangan psikologis anak.

Menurut The Health Site, berikut manfaat mendongeng bagi anak-anak:

1. Membuat mereka penasaran dan imajinatif

Baca Juga:
Hamil Anak Pertama, Karina Nadila Tak Rasakan Ngidam dan Gejala Berarti

Mendongeng adalah kegiatan yang sangat kreatif dan interaktif. Anak-anak menjadi penasaran ketika perkembangan cerita.

Hal ini mendorong mereka untuk berpikir dan bertanya tentang bagaimana cerita berlangsung. Mereka juga bisa memahami pelajaran berharga di balik sebuah cerita.

Mendongeng atau membacakan buku kepada anak. [Shutterstock]
Mendongeng atau membacakan buku kepada anak. [Shutterstock]

2. Membuat mereka memahami emosi

Cerita dapat membantu anak kecil memahami gagasan tentang perasaan dan emosi. Anak-anak akan merasa terhubung dengan karakter dalam cerita, membuat mereka mampu merasakan emosi yang sedang dirasakan karakter.

3. Meningkatkan keterampilan mendengarkan

Baca Juga:
Ancaman Santet hingga Hinaan Fisik Dialami Anak Lesti Kejora dan Rizky Billar, Publik: Satu Persatu Bakal Masuk Bui

Selama aktivitas ini, anak-anak didorong untuk mendengarkan pendongeng yang lama-lama akan membuat keterampilan mereka meningkat.

Mereka fokus pada cerita dan tidak terganggu oleh faktor eksternal. Anak-anak juga belajar bersabar dan berkonsentrasi, membiarkan orang lain berbicara sebelum mengajukan pertanyaan.

4. Meningkatkan keterampilan sosial

Mendongeng dapat membantu anak kecil memahami perspektif berbeda dan belajar untuk memahami pemikiran serta pendapat orang lain.

Anak-anak dapat belajar banyak hal tentang dunia melalui cerita. Karenanya, orang tua harus menceritakan kisah dengan pesan bermakna dan pelajaran hidup seperti kejujuran, kebaikan, berbagi, kasih sayang, untuk menanamkan kebajikan pada si kecil.

Baca :  Antisipasi Gelombang Ketiga, Pemerintah Terbitkan Buku Saku Covid-19

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Leave a Reply

?>