Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Ilmuwan Temukan Fosil Stegosaurus di Asia, Jadi yang Tertua di Dunia

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Ahli paleontologi di Argentina menemukan fosil dinosaurus tanpa lengan dengan otak kecil yang hidup sekitar 70 juta tahun lalu.

Spesies yang baru ditemukan ini disebut Guemesia ochoai, diambil dari nama Jenderal Martin Miguel de Guemes, pahlawan Perang Kemerdekaan Argentina.

Dinosaurus tersebut masuk ke dalam anggota Abelisauridae, kelompok karnivora yang dulu hidup di tempat yang sekarang disebut Amerika Selatan, Afrika, dan India selama zaman dinosaurus.

Menurut para ahli, ada kemungkinan bahwa Guemesia ochoai merupakan kerabat dekat dari nenek moyang abelisaurid.

Baca Juga:
Dinosaurus Berleher Panjang Terbunuh oleh Infeksi Mirip Flu

Namun, Guemesia ochoai memiliki dua perbedaan, seperti hewan pemakan daging itu tidak memiliki tanduk dan tinggal di wilayah yang sekarang disebut Argentina utara, lokasi di mana tengkoraknya ditemukan.

“Dinosaurus baru ini sangat tidak biasa untuk jenisnya. Ini menunjukkan bahwa dinosaurus yang hidup di wilayah tersebut sangat berbeda dari dinosaurus yang ada di bagian lain Argentina,” kata Anjali Goswami, pemimpin penelitian di Natural History Museum, London.

Dilansir dari Live Science pada Sabtu (19/2/2022), meskipun hewan ini disebut tanpa lengan, namun sebenarnya memiliki lengan tetapi dengan ukuran yang sangat kecil dan hampir tidak berguna.

Diprediksi, abelisaurid memangsa titanosaurus berleher panjang, suatu prestasi mengingat struktur tubuh hewan tersebut.

Namun, sebagian besar dinosaurus pemakan daging memiliki lengan yang pendek. Tyrannosaurus rex memiliki lengan pendek, meskipun lengan itu lebih panjang daripada milik abelisaurid.

Baca Juga:
Ilmuwan Temukan Dinosaurus Tuli dan Lamban, Punya Badan Lapis Baja

Dengan lengan kecil seperti itu, abelisaurid harus mengalahkan mangsa hanya dengan mengandalkan kepala dan rahangnya.

Fosil yang ditemukan di Formasi Los Blanquitos dekat Amblayo itu mengungkapkan bahwa Guemesia ochoai memiliki otak yang kecil. Tengkorak miliknya sekitar 70 persen lebih kecil daripada kerabat abelisaurid lainnya.

Baca :  Bikin Mewek, Momen Ayah Minta Izin Foto di Samping Mobil demi Senangkan Anak

Ukurannya yang lebih kecil menunjukkan kemungkinan besar hewan itu masih remaja ketika mati.

Hingga saat ini, ada 35 spesies abelisaurid lain yang diidentifikasi di Argentina, tetapi hampir semuanya berasal dari Patagonia. Penemuan Guemesia ochoai menunjukkan bahwa wilayah utara adalah bagian unik selama periode Kapur Akhir.

Para ilmuwan berharap untuk menemukan lebih banyak spesimen Guemesia ochoai dan kerabatnya sehingga dapat belajar lebih banyak tentang kehidupan di Argentina kuno.

Leave A Reply

Your email address will not be published.