Galaxy S22 Ultra Bisa Pakai S Pen dari Perangkat Samsung yang Lain

Cariberita.co.id – Samsung Galaxy S22 Ultra membawa fitur Stylus S Pen yang mirip dengan seri Galaxy Note. S Pen di Galaxy S22 Ultra juga tertanam langsung di ponsel, berbeda dengan Galaxy S21 Ultra atau Galaxy Z Fold 3 yang memerlukan case tambahan.

“S Pen di Samsung Galaxy S22 Ultra ini menyatu dengan bodi untuk memberikan pengalaman baru ke konsumen,” kata Product Marketing Manager Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus dalam konferensi pers virtual, Kamis (10/2/2022).

Verry menyatakan, Samsung Galaxy S22 Ultra juga bisa terhubung dengan S Pen lain di luar pena yang terpasang dalam ponsel. Contohnya, S Pen di Galaxy S21 Ultra bisa dipakai di Galaxy S22 Ultra, begitu juga sebaliknya.

Meski begitu, S Pen Galaxy S22 Ultra yang dipakai lintas perangkat tidak akan berjalan maksimal. Soalnya, S Pen yang tertanam di Galaxy S22 tampil dengan latensi 2,8ms, lebih rendah 70 persen dari Galaxy S21 Ultra.

Baca Juga:
Samsung Galaxy S22 Sudah Bisa Pakai Internet 5G di Indonesia

“Bisa sebenarnya kalau S Pen baru ini dipakai di Galaxy S21 Ultra. Tapi latensi 2,8ms tidak akan semaksimal dipakai di Galaxy S22 Ultra,” sambungnya.

Latensi lebih rendah di S Pen Galaxy S22 Ultra ini membuat konsumen menggerakkan pena lebih responsif. Dengan itu, maka produktivitas yang dihasilkan bisa lebih lancar.

Selain itu, Verry juga menyebut kalau S Pen di Galaxy S22 Ultra bisa diganti dengan yang baru. Ia menerangkan kalau S Pen baru ini dijual sekitar Rp 599.000.

Sayang Samsung masih belum menjual S Pen khusus Galaxy S22 Ultra tersebut di situs resminya. Jika dipantau di halaman deskripsi Samsung Galaxy S22 Ultra, ada S Pen Pro yang bisa digunakan di ponsel tersebut.

S Pen Pro sendiri adalah pena pintar yang bisa dipakai di semua ponsel Samsung Galaxy. Pena ini juga bisa dimanfaatkan untuk memindahkan file dari ponsel ke tablet.

Baca Juga:
Samsung Galaxy S22 Ultra Pakai S Pen, Akankah Seri Galaxy Note Dimatikan?

Samsung tidak mencantumkan harga S Pen Pro di situs resminya. Tapi jika dicari di marketplace, harga Samsung S Pen Pro dijual sekitar Rp 1,5 jutaan.

Dari tiga anggota keluarga Galaxy S22 yang diluncurkan pekan ini, hanya Samsung Galaxy S22 Ultra yang mendukung S Pen. Sementara Samsung Galaxy S22 dan S22+ belum support pena tersebut.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *