Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Benarkah Susu Sapi Bisa Cegah Infeksi Virus Corona Covid-19? Ini Temuan Ahli!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Bandeng (Chanos chanos) juga dikenal sebagai bangos merupakan satu-satunya spesies yang hidup dalam famili Chanidae. Ini adalah ikan air asin Pasifik berwarna perak yang bertelur di perairan pantai yang dangkal dan dapat bertahan di air dengan salinitas rendah. Tahukah Anda? Ada banyak manfaat ikan bandeng untuk kesehatan.

Sebab selain ikan bandeng juga sebagai sumber protein hewani, vitamin B kompleks dan selenium, ia juga merupakan sumber lemak, kolesterol dan kalori yang signifikan.

Bandeng sendiri adalah ikan yang populer di Asia Tenggara dan hidup di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik. Selain itu, bandeng biasa hidup berkelompok di sekitar tepi pulau dan pulau karang. 

Manfaat Ikan Bandeng

Baca Juga:
3 Kandungan di Dalam Telur yang Dapat Memicu Jerawat, Salah Satunya Albumin

Ikan bandeng menjadi salah satu ikan sehat dan tinggi gizi. Ikan ini pertama kali muncul sekitar 800 tahun yang lalu di Filipina dan menyebar di Indonesia, Taiwan, hingga ke Pasifik. Ikan ini sarat dengan asam lemak omega-3 dan protein yang cukup penting untuk berfungsinya tubuh. 

Melansir dari berbagai sumber, berikut ini manfaat ikan bandeng untuk kesehatan yang menarik untuk diketahui.

Warga membeli ikan bandeng di Pasar Rawa Belong, Jakarta, Minggu (3/1). [Cariberita.co.id/Muhaimin A Untung]
Warga membeli ikan bandeng di Pasar Rawa Belong, Jakarta, Minggu (3/1). [Cariberita.co.id/Muhaimin A Untung]

1. Kaya akan asam lemak Omega-3

Ikan bandeng kaya akan asam lemak Omega-3. Mengonsumsi bandeng secara teratur membantu perkembangan otak dan daya ingat anak, mencegah penyakit jantung, mengontrol kadar kolesterol, menyehatkan mata, dan mengurangi depresi. 

Selain itu, Omega-3 baik untuk ibu hamil untuk meningkatkan ASI dan kualitas. Anak yang dilahirkan akan lebih sehat dan cerdas.

Baca Juga:
Tidak Hanya Bagus untuk Otak, Omega-3 Juga Bisa Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

2. Sumber Protein yang Baik

Baca :  Update Covid-19 Global: Jepang Akan Berikan Vaksin Covid-19 Dosis Keempat

Ikan bandeng sebagai sumber protein. Mengkonsumsi ikan bandeng membantu memenuhi asupan protein dalam tubuh. Ikan memiliki kandungan gizi tinggi yang bermanfaat dalam mencegah jantung koroner dan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Konsumsi bandeng secara teratur dapat mencegah defisiensi mikronutrien dan dapat membantu perkembangan tubuh secara keseluruhan. Jadi sertakan bandeng dalam diet rutin Anda untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan agar tubuh berfungsi dengan baik.

Demikian informasi mengenai manfaat ikan bandeng untuk kesehatan. Adapun manfaat lainnya yaitu mencegah defisiensi mikronutrien, membantu pertumbuhan sistem saraf, membantu perkembangan otak, dan menurunkan risiko hipertensi.

Kontributor : Ulil Azmi

Leave A Reply

Your email address will not be published.