Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Mengenal Tes HPV DNA Genotyping, Bantu Wanita Deteksi Virus HPV Penyebab Kanker Serviks

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Sebagai salah satu penyakit yang hingga saat ini masih sering ditemui di masyarakat, tipes wajib mendapat perhatian khusus. Penyakit tipes sendiri merupakan penyakit yang biasanya muncul dari pola hidup dan pola makan kurang sehat sehingga memicu terjadinya infeksi virus atau bakteri di saluran pencernaan.

Nah, dalam artikel singkat ini, akan disajikan apa saja penyebab, gejala, dan cara pengobatan penyakit tipes. Simak selengkapnya di bawah ini.

Penyebab Penyakit Tipes

Ilustrasii orang sakit. [Shutterstock]
Ilustrasi orang sakit. [Shutterstock]

Penyebab tipes yang utama adalah masuknya bakteri Salmonella Typhi ke dalam bagian usus manusia. Bakteri jahat ini kemudian berkembang di saluran pencernaan sehingga mengganggu fungsi pencernaan tubuh manusia.

Baca Juga:
Catat, Inilah Olahraga yang Aman Bagi Penderita Penyakit Jantung!

Pemicunya bisa jadi makanan atau minuman yang kurang bersih. Waspadai juga fasilitas umum dengan kebersihan buruk atau akses air bersih yang buruk.

Gejala yang Muncul saat Terserang Tipes

Setelah terinfeksi bakteri tersebut, biasanya akan memakan beberapa hari hingga gejalanya muncul. Untungnya, gejala penyakit tipes cukup jelas sehingga mudah dikenali dan bisa mendapat penanganan dengan cepat.

Serupa dengan penyakit lain, identifikasi dini dan penanganan cepat bisa mengurangi resiko buruk yang terjadi saat penyakit ini dibiarkan. Nah, beberapa gejala tipes yang paling sering muncul dan mudah dikenali adalah:

  1. Sakit kepala
  2. Mual, muntah, sakit perut, atau diare
  3. Lesu dan lemas sepanjang hari
  4. Mengalami demam yang terus meningkat suhunya, hingga mencapai 39 derajat Celcius atau 40 derajat Celcius.

Ketika gejala-gejala di atas muncul bersamaan, kemungkinan besar Anda atau orang yang mengalaminya telah benar-benar terinfeksi bakteri tersebut dan mengalami tipes. Sangat direkomendasikan untuk segera mendatangi dokter sehingga bisa ditangai secara profesional secepatnya.

Baca :  Barbie Kumalasari Kembali Operasi Hidung, Berapa Lama Masa Pemulihannya?

Baca Juga:
Berawal dari Sakit Kepala Mendadak hingga Merasa Mencium Bau Gas, Ternyata Wanita Ini Idap Kanker Otak

Ilustrasi botol infus. [Shutterstock]
Ilustrasi botol infus. [Shutterstock]

Pengobatan Penyakit Tipes

Secara umum, penanganan dan pengobatan tipes sendiri dilakukan di rumah sakit oleh dokter. Pemberian antibiotik akan dilakukan, sesuai dengan derajat keparahan penyakit tersebut. Jadi, cara terbaik intinya adalah mendatangi dokter dan menjalani pengobatan di rumah sakit.

Banyak sekali hal yang bisa dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir risiko terjangkitnya penyakit ini. Langkah paling sederhana adalah vaksinasi dan menjaga kebersihan serta pola hidup sehat.

Itu tadi sedikit pengetahuan dasar terkait dengan penyakit tipes. Semoga bisa jadi informasi yang berguna. Selamat beraktivitas, dan senantiasa terapkan pola hidup sehat setiap waktu guna menghindari resiko penyakit dan infeksi virus!

Leave A Reply

Your email address will not be published.