Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  3 Fakta Diet OMAD: Cukup Makan Sekali Sehari

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kepala Organisasi Kesehatan Dunia  memperingatkan bahwa masih terlalu dini bagi negara-negara untuk menyatakan kemenangan atas Covid-19. 

“Masih terlalu dini bagi negara mana pun untuk menyerah atau menyatakan kemenangan,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dikutip dari France24. 

“Virus ini berbahaya, dan terus berkembang di depan mata kita sendiri.”

Komentarnya muncul ketika Denmark pada hari Selasa menjadi negara UE pertama yang mencabut semua pembatasan Covid-19 domestiknya, meskipun ada rekor jumlah kasus varian Omicron yang lebih ringan, dengan sejumlah negara lain mempertimbangkan langkah serupa.

Baca Juga:
Pemberian Dosis Ketiga Vaksin COVID-19 Sinovac Bisa Tingkatkan Antibodi, Bisa Lawan Omicron?

“Kami prihatin bahwa narasi telah berlaku di beberapa negara bahwa karena vaksin dan karena penularan Omicron yang tinggi dan tingkat keparahan yang lebih rendah, mencegah penularan tidak mungkin lagi, dan tidak lagi diperlukan,” kata Tedros.

Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)
Ilustrasi Virus Corona. (Pixabay)

“Tidak ada yang lebih jauh dari kebenaran,” katanya, menekankan bahwa “lebih banyak penularan Covid-19 berarti lebih banyak kematian”.

Tedros menunjukkan bahwa sejak Omicron pertama kali terlihat di Afrika selatan 10 minggu lalu, hampir 90 juta kasus telah dilaporkan ke WHO – lebih banyak dari pada tahun 2020.

 Meski varian Covid baru diketahui lebih ringan, dia menekankan bahwa sekarang mulai melihat peningkatan kematian yang sangat mengkhawatirkan di sebagian besar wilayah di dunia. Sangat penting, katanya, untuk terus berupaya menghentikan penularan virus.

“Kami tidak menyerukan negara mana pun untuk kembali ke apa yang disebut penguncian,” kata Tedros, seraya menambahkan bahwa “kami menyerukan semua negara untuk melindungi orang-orang mereka menggunakan setiap segala cara, bukan vaksin saja.”

Baca Juga:
Gelombang Ketiga Covid-19: BOR RS Persahabatan Naik 84,6 Persen, Pasien Positif Capai 156 Orang

Baca :  Tidak Hanya di Kaki, Varises Juga Bisa Muncul di Testis, Apa Dampaknya?

Pemimpin WHO menekankan perlunya untuk terus melacak varian yang muncul, termasuk sub-garis keturunan Omicron BA.2.

Leave A Reply

Your email address will not be published.