Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Berita Hits Kesehatan: Inggris Tiadakan Isolasi Mandiri, Tes Antigen Covid-19 Bakal Boleh Dilakukan di Rumah?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Para peneliti dari University of California, Santa Barbara, Amerika Serikat, menemukan cara baru untuk tes Covid-19 berbasis kamera smartphone. Cara ini diklaim memiliki akurasi setara tes PCR yang berbasis laboratorium.

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal JAMA Network Open, para peneliti mengaku tes baru itu hanya memerlukan waktu selama 25 menit dan dapat diandalkan ketimbang tes yang saat ini ada di pasaran.

“Tes antigen cepat yang dibeli orang-orang memang tidak mahal dan cepat, namun belum tentu akurat,” kata Michael Mahan selaku Profesor di Department of Molecular, Cellular, and Developmental Biology di University of California, dikutip dari NBC News, Selasa (1/2/2022).

“Sementara tes PCR adalah yang ideal karena hasilnya akurat dan sensitif, namun sangat mahal dan memerlukan banyak waktu,” sambung Mahan.

Baca Juga:
Jelang Olimpiade, Pemerintah Beijing Akan Tes 2 Juta Penduduk

Sistem tes Covid-19 yang dinamai smaRT-LAMP ini memerlukan kamera smartphone, aplikasi khusus, dan test kit untuk mengukur reaksi dari sampel air liur yang dicampur larutan kimia.

Test kit ini terdiri dari wadah untuk menampung ludah, hot plate, lampu LED, dan campuran bahan kimia yang diformulasikan secara khusus yang mencakup pewarna fluoresen. Bahan kimia itu nantinya menjadi tolak ukur untuk melihat reaksi dari hasil tes.

Sampel ludah dicampur dengan larutan dan ditempatkan di wadah, kemudian hot plate memanaskan campuran tersebut. Kemudian sampel ini dilihat dari aplikasi smartphone yang memanfaatkan kamera ponsel untuk mengambil foto setiap 10 detik untuk melihat hasilnya.

Mahan mengaku alat-alat tersebut memang memerlukan biaya sekitar 100 dolar AS atau Rp 1,4 jutaan. Namun pengujian tes tidak memerlukan peralatan atau keahlian khusus.

Baca :  RRQ Albert Pimpin Daftar MVP MPL Season 9 Week 2, Aura Kabuki Melesat

Setelah semuanya lengkap, tes bisa dijalankan dengan biaya sekitar 7 dolar AS atau Rp 100.000 untuk membeli larutan kimia yang diperlukan.

Baca Juga:
Polisi Bongkar Praktik Tes Covid-19 Palsu Klinik Kecantikan di Makassar

Untuk membuktikan keampuhan tes, para peneliti mengumpulkan sampel dari 20 pasien Covid bergejala di Rumah Sakit Santa Barbara Cottage dan 30 orang tanpa gejala.

Leave A Reply

Your email address will not be published.