Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  4 Kekhawatiran Ibu Paling Umum Saat Hendak Menyambut Kelahiran Anak Kedua

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut semakin banyak masyarakat yang mengakses layanan telemedicine.

Hal ini terjadi akibat perluasan layanan hingga luar Pulau Jawa-Bali serta pengguna tes antigen.

“Setelah kemarin kita memperluas layanan ke luar Jawa-Bali dan penggunaan telemedicine ini bukan hanya untuk PCR tetapi juga untuk antigen, ada lonjakan yang menerima WhatsApp kurang lebih 563 ribuan yang sebelumnya 300 ribuan,” kata Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan Setiaji.

Kemenkes memulai perluasan layanan telemedicine bersama 17 penyedia layanan konsultasi kesehatan berplatform digital hingga luar Jawa-Bali dimulai Sabtu (19/2), sedangkan penggunaan tes antigen sebagai syarat akses telemedicine sejak Rabu (16/2).

Baca Juga:
Bukan dari Luar Negeri, Kemenkes Ungkap Kasus Varian Omicron Didominasi Transmisi Lokal

Telemedicine. (Dok: Istimewa)
Telemedicine. (Dok: Istimewa)

Setiaji mengatakan masyarakat yang memanfaatkan layanan telemedicine berikut konsultasi dengan penyedia platform berjumlah 234.372 orang.

Mereka yang menerima resep tebusan obat antivirus berjumlah 91 persen, sisanya masih berproses untuk melakukan penebusan resep.

Setiaji mengatakan 90 persen pasien isoman pengakses layanan telemedicine menerima paket B untuk pasien bergejala ringan.

Paket B terdiri atas multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet, Favipiravir 200mg 40 kapsul, atau Molnupiravir 200 mg – 40 tab dan parasetamol tablet 500mg jika dibutuhkan, sedangkan paket A untuk untuk pasien tanpa gejala terdiri atas multivitamin C, B, E, dan Zinc 10 tablet.

“Situasi ini berbeda dengan kasus pada waktu tahun lalu yang Delta itu banyak gejala,” katanya.

Baca Juga:
Angka Kematian Harian Covid-19 Capai Rekor Baru, Kemenkes: 46 Persen Mereka Belum Divaksinasi Lengkap

Ia mengatakan mayoritas pengakses layanan telemedicine adalah pasien terkonfirmasi COVID-19 yang berdomisili di DKI dan sekitarnya. [ANTARA]

Baca :  4 Kekhawatiran Ibu Paling Umum Saat Hendak Menyambut Kelahiran Anak Kedua

Leave A Reply

Your email address will not be published.