Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Kominfo Beberkan Tiga Perhatian dalam Pendekatan Keamanan Siber

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Film animasi terbaru garapan sutradara Jepang Makoto Shinkai, Suzume no Tojimari akan tayang di sejumlah bioskop di Indonesia mulai 8 Maret 2023 mendatang. Animasi ini bakal mengukuhkan profil Makoto Shinkai dalam kancah animasi global.

Bagaimana tidak, Suzume menjadi satu dari sedikit film animasi Jepang yang berhasil menembus kompetisi Berlin International Film Festival (Berlinale) 2023. Publik Jepang mesti menunggu 21 tahun setelah untuk terakhir kalinya Spirited Away karya Hayao Miyazaki menyabet Piala Golden Bear pada 2002 silam.

Profil Makoto Shinkai

Banyak kalangan menilai Makoto Shinkai adalah suksesor Hayao Miyazaki. Pria kelahiran 9 Februari 1973 itu memulai karier sebagai animator video game dengan Nihon Falcom pada tahun 1996. Ia lalu mendapatkan pengakuan sebagai pembuat film dengan merilis animasi video asli (OVA) She and Her Cat (1999). 

Baca Juga:
Kabar Gembira, Suzume no Tojimari Segera Tayang di Indonesia!

Sebelum merilis Suzume, Makoto Shinkai lebih dulu dikenal dengan karyanya Your Name atau Kimi no Nawa dalam bahasa Jepang yang dirilis pada 2017 lalu.

Film ini cukup fenomenal karena berhasil meraih pendapatan lebih dari 24 miliar yen, dan menjadi film box office tertinggi kedua dalam sejarah film Jepang. Film ini juga mendapatkan popularitas cukup tinggi di negara-negara Asia lain termasuk Indonesia. 

Makoto Shinkai banyak memasukkan adegan-adegan yang berkaitan dengan alam dalam animasi garapannya. Dalam Your Name, dua tokoh utama yang saling bertukar tubuh yakni Mitsuha dan Taki mesti menyelamatkan desa tempat tinggal Mitsuha dari jatuhnya sebuah meteor. 

Karya Makoto Shinkai

Dua tahun berselang Makoto Shinkai merilis anime Weathering with You. Masih mengambil tema soal lingkungan, film ini mengisahkan seorang gadis musim semi, Hina yang berusaha menyelamatkan Tokyo dari terjangan hujan dan badai tak kunjung henti.

Baca :  Sinopsis Akebi's Sailor Uniform, Anime dengan Cerita Ringan yang Layak Tonton

Baca Juga:
11 Aplikasi Edit Foto Jadi Anime Terbaik Gratis dan Cocok untuk Pemula

Hina memiliki kekuatan super mampu mengembalikan cahaya matahari, mengubah musim hujan menjadi musim semi ketika Tokyo diperkirakan akan segera tenggalam. 

Dalam Weathering with You, petualangan Hina yang yatim piatu dimulai ketika bertemu dengan Hodaka, pemuda yang kabur dari rumah menuju Tokyo. Untuk menyambung hidup, Hodaka mesti menjadi anak magang di sebuah kantor majalah di Tokyo. 

Terakhir Suzume no Tojimari yang bakal segera tayang di Indonesia membawa kisah tentang Suzume, remaja 17 tahun menuju Kyushu. Petualangan itu dimulai ketika dia bertemu dengan seorang pria muda yang sedang mencari pintu.

Sayangnya pintu-pintu yang terbuka tersebut justru membawa kehancuran. Suzume no Tojimari sebelumnya telah tayang di seluruh Jepang pada November 2022 lalu. 

Demikian profil Makoto Shinkai, animator Suzume no Tojimari, Your Name, dan Weathering with You yang karyanya selalu membawa pesan lingkungan.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Leave A Reply

Your email address will not be published.