Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  3 Kandungan di Dalam Telur yang Dapat Memicu Jerawat, Salah Satunya Albumin

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Sekelompok peneliti dari King’s College London menemukan faktor biologis lain yang dapat memengaruhi keparahan dan perkembangan infeksi virus corona Covid-19 di dalam tubuh.

Faktor tersebut adalah ribuan protein di dalam darah yang memiliki fungsi berbeda. Beberapa berperan dalam pertahan tubuh terhadap virus, dan yang lain mengangkut molekul ke seluruh tubuh, lapor The Conversation.

Jumlah protein pada setiap orang juga berbeda. Inilah sebabnya mengapa orang-orang mengembangkan berbagai bentuk gejala Covid-19. Misalnya, beberapa demam dan pilek, sementara yang lain perlu dirawat di rumah sakit.

Dari hasil analisis, peneliti mengidentifikasi beberapa protein yang berpotensi meningkatkan atau menurunkan risiko Covid-19 parah.

Baca Juga:
Tren Kasus Covid-19 Menurun, Kementerian Pendidikan Dorong Sekolah Dibuka Lagi

Salah satunya kadar protein FAAH2 dapat meningkatkan risiko seseorang dirawat di rumah sakit ketika terinfeksi SARS-CoV-2.

Ilustrasi sel darah merah. (Shutterstock)
Ilustrasi sel darah merah. (Shutterstock)

FAAH2 menyebabkan sel menyerap dan menonaktifkan zat yang disebut endocannabinoids, yang memiliki efek anti-inflamasi atau anti-peradangan.

“Ini menjelaskan mengapa punya banyak protein yang menghilangkan penyebab masalah berpotensi mengurangi kemampuan tubuh mengendalikan peradangan yang disebabkan Covid-19,” jelas penulis studi Vincent Millischer.

Selain itu, studi ini juga memperkuat temuan sebelumnya yang menunjukkan bahwa golongan darah A berisiko tinggi mengalami Covid-19 parah.

Penelitian ini menemukan bahwa enzim ABO dan golongan darah memengaruhi tingkat keparahan Covid-19.

Baca Juga:
Meski Tak Lagi Wajib Tes COVID-19, Pengamat Sarankan Masyarakat Tetap Terapkan Prokes di Tempat Wisata

Covid-19 juga dapat menyebabkan penyakit pada pembuluh darah, terutama jika parah.

“Tetapi kami menemukan protein yang menarik sel darah putih ke dinding pembuluh darah tampaknya melindungi terhadap Covid-19 parah,” sambung Millischer.

Menarik sel darah putih memang sudah lama diketahui dapat meningkatkan respons imun di dinding pembuluh darah. Pada Covid-19, proses ini membantu melawan infeksi.

Baca :  Trik Tidur Nyenyak Dalam 5 Menit, Coba Konsumsi 2 Makanan Ini sebelum Tidur!

Mengidentifikasi faktor-faktor risiko ini dapat membantu para ilmuwan mengembangkan perawatan baru, karena protein dapat ditargetkan oleh obat-obatan baru atau yang sudah ada digunakan kembali.

Leave A Reply

Your email address will not be published.