Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Qualcomm dan Ferrari Mengumumkan Kolaborasi Teknologi Strategis

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Anime dan manga memiliki popularitas yang tak terbantahkan secara global, termasuk di Timur Tengah.

Di antara negara-negara di Jazirah Arab, Arab Saudi memiliki komunitas pencinta anime terbesar. Sehingga menjadi industri dan pasar anime terbesar di Timur Tengah.

Dengan dukungan pemerintah, Arab Saudi terus mendorong kolaborasi dengan produsen, animator, dan penerbit Jepang untuk mengembangkan industri manga dan anime-nya.

Dilansir dari CCCI.am, sejumlah Expo dan pameran yang berkaitan dengan anime pun sering diadakan di Arab Saudi.

Baca Juga:
5 Anime Bertema Komedi yang Hanya Dimengerti Orang Dewasa

Pada November 2019, Anime Expo diluncurkan di Arab Saudi dan para penggemar anime Saudi berkesempatan untuk bertemu dengan karakter anime favorit mereka dari serial yang populer di sana.

Tim Hitekno.com, jaringan Cariberita.co.id telah merangkum sedikit informasi tentang anime-anime yang populer di Arab Saudi sebagai berikut:

1. Captain Tsubasa

Siapa tidak kenal Kapten Tsubasa? Dalam versi bahasa Arab, anime ini diproduksi dan ditayangkan perdana di saluran TV Arab sejak 1990.

Kapten Tsubasa, bersama semua nama dalam seri, diubah menjadi Kapten Majid (dinamai kapten tim nasional sepak bola Saudi selama periode itu).

Baca Juga:
5 Informasi Menarik yang Perlu Diketahui Soal Planet Namek di Dragon Ball

Dalam survei yang dilakukan di antara lebih dari 3.000 orang di 18 negara Arab, Kapten Tsubasa menduduki peringkat anime favorit sepanjang masa.

Tidak mengherankan mengingat sepak bola adalah olah raga yang sangat populer di wilayah tersebut.

2. Grendizer

Anime ini juga menjadi yang paling populer di Arab Saudi setelah Kapten Majid. Grendizer pertama kali ditayangkan di TV Lebanon pada 1980-an.

Anime tersebut kemudian ditayangkan di saluran televisi Kuwait dan Saudi. Mengikuti Captain Tsubasa, ini adalah anime terpopuler kedua di Arab Saudi.

Baca :  5 Informasi Menarik yang Perlu Diketahui Soal Planet Namek di Dragon Ball

3. Detektif Conan

Film Detective Conan: The Scarlet Bullet [imdb]
Film Detective Conan: The Scarlet Bullet [imdb]

Anime Detective Conan sukses besar di dunia Arab. Dari 406 episode, 380 di antaranya telah disulihsuarakan ke dalam bahasa Arab.

Anime ini diterjemahkan ke dalam bahasa Arab oleh Al-Zahra Center selama lebih dari delapan belas tahun, dari 1998 hingga 2014.

Dalam versi Jepang, ada episode khusus yang berlangsung selama satu atau dua setengah jam. Sementara pada versi Arabnya, ini dibagi menjadi beberapa episode, masing-masing berlangsung 25 menit.

4. Hunter X Hunter

Penonton Arab mengenal Hunter X Hunter sebagai Al-Kannas. Sedikit perubahan dalam dialog dan pemotongan adegan harus dilakukan untuk menghindari kekerasan.

Memang, badan penyiaran di Arab Saudi tak segan-segan memotong adegan-adegan yang terlalu menunjukkan kekerasan.

5. Dragon Ball Z

Serial ini ditayangkan di berbagai saluran Arab, tetapi pada 2004, hanya 54 episode yang didubbing.

Dragon Ball Z: Kakarot [YouTube: Dragon Ball Z: Kakarot].
Dragon Ball Z: Kakarot [YouTube: Dragon Ball Z: Kakarot].

Kemudian pada 2010, episode 54 sampai 104 didubbing dan dirilis. Di Arab, serial Dragon Ball Z ini sama populernya dengan One Piece.

One Piece pertama kali ditayangkan di saluran Arab pada 2008, tetapi hanya dua musim dengan 104 episode yang disulihsuarakan ke dalam bahasa Arab.

Damai Lestari

Leave A Reply

Your email address will not be published.