Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

5 Fenomena Langit Menarik, Masuk Februari 2022

0

Cariberita.co.id – Setiap bulan akan selalu ada fenomena langit yang pernah terjadi, entah dapat terlihat dengan jelas atau tidak.

Pada Januari 2022 sebelumnya telah terjadi fenomena Bumi di perihelion, konjungsi Bulan dan Jupiter, Bulan purnama, hingga konjungsi Bulan dan Mars.

Februari 2022 pun tidak kalah dengan peristiwa menarik lainnya. Dilansir dari In The Sky, Sabtu (5 Februari 2022), berikut ini lima peristiwa langit menarik yang akan terjadi:

1. Pendekatan Bulan dan Uranus

Baca Juga:
Purnama Super dan Gerhana Bulan Total, Ini Pertunjukkan Langit 2022

Pengamat di Bumi dapat melihat fenomena di mana Bulan dan Uranus akan tampak berdekatan di langit malam pada 8 Februari.

Kedua objek tersebut akan berada pada jarak 1 derajat dan dapat diamati sekitar pukul 18:29 WIB ketika ketinggiannya berada pada 61 derajat di atas ufuk barat laut.

Pendekatan Bulan dan Uranus. [In the Sky]
Pendekatan Bulan dan Uranus. [In the Sky]

Bulan dan Uranus akan tenggelam menuju cakrawala pada pukul 23:08 WIB.

Pada saat itu, Bulan akan berada di mag -11,7 dan Uranus akan berada di mag 5,8. Kedua objek tersebut akan terletak di konstelasi Aries.

2. Hujan meteor Alpha Centaurid

Baca Juga:
Masuk Tahun Baru, Ini 5 Fenomena Langit Januari 2022 yang Bisa Diamati

Hujan meteor Alpha Centaurid aktif mulai dari 28 Januari hingga 21 Februari, tapi puncak hujan meteor akan terjadi pada 8 Februari.

Leave A Reply

Your email address will not be published.