Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Gara-Gara Omicron, China Lockdown Lagi dan Panic Buying Kembali Terjadi

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Anak berusia di bawah 6 tahun dan balita belum bisa menerima vaksinasi Covid-19. Lalu, bagaimana cara melindungi anak balita yang belum bisa divaksinasi Covid-19? Perlukah menjalani vaksinasi influenza?

Dokter Spesialis Anak Konsultan Penyakit Infeksi dan Tropis, Prof. Dr. dr. Hinky Hindra Irawan Satari mengatakan solusi terbaik melindungi anak balita yang belum bisa divaksinasi Covid-19, yakni dengan cara semua anggota rumah mendapatkan vaksin Covid-19.

Menurut profesor yang akrab disapa Prof. Hindra itu, langkah ini penting dilakukan, agar semua anggota keluarga kebal dari Covid-19 sehingga tidak menularkan anak balita, yang umumnya tertular dari keluarga yang aktif bepergian di luar rumah.

“Jadi semua orang di rumah harus divaksinasi, untuk mencegah yang di rumah itu hilir mudik yang nggak penting, dan juga apabila nggak menjaga protokol kesehatan, akan mengurangi risiko terinfeksi anak yang ada di rumah,” ujar Prof. Hindra dalam acara diskusi RS Pondok Indah Group, Kamis (10/3/2022).

Baca Juga:
Vaksinasi Massal di Bengkulu Berhadiah Minyak Goreng, Warga Ramai Menyerbu

Ilustrasi vaksin flu. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi vaksin flu. (Sumber: Shutterstock)

Meski begitu Prof. Hindra tidak melarang anak balita untuk divaksinasi influenza, terlebih ada kemungkinan anak terinfeksi Covid-19 dan influenza sekaligus.

Terinfeksi dua virus sekaligus inilah, yang menurut profesor yang juga Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) itu, menyebabkan anak bisa alami komplikasi.

“Namun Covid-19 bisa komplikasi, jadi terinfeksi Covid-19 ditambah terinfeksi flu, jadi untuk itu lebih baik mengurangi risiko dia terkena penyakit flu, maka dianjurkan vaksinasi influenza,” jelas Prof. Hindra.

Namun profesor yang berpraktik di RSPI Pondok Indah itu menegaskan, bahwa vaksinasi influenza tidak bisa mencegah anak terhindar dari Covid-19, karena vaksinasi influenza dibuat secara khusus untuk melawan virus influenza bukan virus SARS CoV 2 penyebab sakit Covid-19.

Baca :  Gelombang Ketiga Varian Omicron Lebih Cepat Usai Dibanding Varian Delta? Ketua Satgas IDI Ungkap Faktanya

“Meskipun ada kemiripan (flu dan Covid-19), ada harapan. Tapi secara umum vaksin flu tidak memberikan kekebalan terhadap Covid-19,” tutup Prof. Hindra.

Baca Juga:
Bupati Asahan Bersama Forkopimda Tanam 10.000 Pohon Mangrove

Leave A Reply

Your email address will not be published.