Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Anak Obesitas Juga Perlu Lakukan Diet, Begini Saran dari Dokter

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kanker serviks adalah penyebab utama kematian pada wanita di seluruh dunia dan cukup ganas, sehingga harus dicegah sejak dini.

Beberapa faktor seperti usia, obesitas, seks yang tidak aman, konsumsi produk yang berhubungan dengan tembakau, kehamilan dengan komplikasi, penggunaan kontrasepsi oral, obat imunosupresan, dan pola makan yang tidak sehat meningkatkan risiko terkena kanker serviks.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet salah satu hal yang bisa mempengaruhi tubuh dan berpotensi mengembangkan beberapa penyakit, termasuk kanker serviks.

Dr Sonia Gandhi, kepala departemen Nutrisi Klinis dan Dietetika, telah menjelaskan pentingnya nutrisi dan pola makan yang sehat untuk membantu mencegah kanker serviks.

Baca Juga:
Benarkah Virus NeoCov Lebih Mematikan dari Virus Corona Covid-19? Ini Kata Ahli!

Kanker serviks terkait dengan pola makan lebih sering terjadi di negara maju dibandingkan negara berkembang.

Ilustrasi kanker serviks (Anna Shvets/Pexels)
Ilustrasi kanker serviks (Anna Shvets/Pexels)

Tapi dilansir dari Times of India, Anda perlu tahu kaitannya antara pola makan dan kanker serviks adalah profilaksis dan tindakan pencegahan terhadap infeksi Human Papillomavirus (HPV).

Dalm hal ini, vitamin antioksidan sangat penting dalam mencegah perkembangan kanker serviks.

Proses inflamasi yang disebabkan oleh infeksi HIV menyebabkan kerusakan luas pada protein DNA. Tapi, vitamin A, C, D dan E dapat menghambat proliferasi sel kanker dan mencegah kerusakan DNA.

Asupan daging merah dan olahan yang tinggi, makanan ringan yang tinggi lemak jenuh, lemak trans atau tidak sehat, biji-bijian olahan, kelebihan gula dan garam tambahan dikaitkan dengan risiko tinggi infeksi HPV.

Baca Juga:
Terinfeksi Virus Corona Covid-19 Parah, Wanita Ini Rela Amputasi Dua Kakinya Demi Bertahan Hidup

Sebaiknya, Anda mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya antioksidan, flavonoid, asam folat, likopen, dan karotenoid.

Baca :  Bumil Jangan Bandel! 5 Pola Makan saat Puasa Ramadhan Demi Kesehatan Jabang Bayi

Makanan anti-inflamasi yang kaya asam lemak omega-3, serat larut, dan probiotik adalah komponen kunci untuk mencegah perkembangan infeksi HPV menjadi kanker serviks.

Sebenarnya, pola makan yang sehat juga bisa berbeda-beda pada setiap orang. Karena, hal ini harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap individu erdasarkan beberapa parameter seperti obesitas, diabetes, hipertensi, insufisiensi ginjal atau penyakit lainnya.

Oleh karena itu, pola makan yang seimbang dan terutama nabati memainkan peran utama dalam mencegah kanker serviks.

Seseorang harus menghindari makanan olahan dan suplemen atau produk diet yang dijual bebas tanpa resep.

Leave A Reply

Your email address will not be published.