Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Ini Cara Buat Ucapan Valentine Online, Cuma Butuh 7 Langkah Bisa Langsung Cetak atau Bagikan ke Media Sosial

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Hari Valentine identik dengan cokelat, baik dark chocolate alias cokelat hitam maupun dairy chocolate alias cokelat susu batangan. Namun, kedua cokelat tersebut memiliki kandungan yang sangat berbeda.

Berdasarkan laman Live Strong, sebatang cokelat susu mengandung 200 kalori, dan setengahnya berasal dari lemak.

Cokelat susu mengandung 11 gram lemak (7 gram lemak jenuh), 23 gram karbohidrat (22 gram di antaranya gula), 3 gram protein, kurang dari 1 gram serat, dan 40 miligram natrium.

Bahan yang digunakan dalam dairy chocolate adalah susu full cream, gula, lemak kakao, cocoa mass, padatan susu, lemak nabati, pengemulsi, serta perasa.

Baca Juga:
5 Rekomendasi Hadiah Valentine untuk Pasangan Selain Cokelat dan Bunga

Tetapi cokelat susu batangan cocok untuk mereka yang ingin menghindari telur, kacang tanah, dan garam dalam makanan mereka.

Dairy chocolate tidak cocok untuk vegetarian tetapi tidak untuk vegan yang benar-benar menghindari susu, kacang-kacangan, kedelai, gluten dan gandum.

Ilustrasi Cokelat. (Pixabay/Say-Cheese)
Ilustrasi Cokelat. (Pixabay/Say-Cheese)

Cokelat hitam vs cokelat susu, mana lebih sehat?

Menurut Shape, cokelat susu mengandung lebih sedikit biji kakao asli. Meski jenis yang lebih kental memang mengandung padatan kakao, seringkali diencerkan dengan penambahan padatan susu, gula, dan krim.

Seperti yang dijelaskan di atas, kualitas cokelat susu lebih sedikit dari cokelat hitam, yang biasanya lebih banyak kakao asli. Ini penting karena semakin banyak kakao, semakin tinggi kualitas nutrisinya.

Baca Juga:
4 Manfaat Kesehatan Mengonsumsi Cokelat, Salah Satu Kado Populer di Hari Valentine

Kakao adalah sumber flavonoid luar biasa, kelas antioksidan khusus yang membuat cokelat dapat dianggap sebagai makanan sehat.

Flavonoid ini telah terbukti mengurangi jumlah kerusakan sel yang sering dikaitkan dengan penyakit jantung. Fitonutrien ini juga membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Baca :  Rayakan Hari Valentine dengan Fitur-fitur Spotify, Makin Mesra

Jadi, cokelat susu memang mengandung nutrisi, tetapi tidak sebanyak cokelat hitam.

Leave A Reply

Your email address will not be published.