Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Benarkah Madu Angkak, Jus Jambu, dan Air Kelapa Bisa Sembuhkan DBD?

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Tren kuliner masyarakat Indonesia tak pernah jauh-jauh dari makanan dengan cita rasa pedas maupun manis. Seperti misalnya seblak dan kopi susu kekinian yang sampai sekarang masih hits terutama di kalangan anak muda. Tetapi, yang harus disadari ialah bahaya kesehatan bila terlalu sering konsumsi makanan seperti itu.

Bukan hanya bahaya terhadap sistem pencernaan, terlaku sering dan banyak konsumsi makanan pedas dan manis nyatanya bisa berujung menyebabkan masalah PCOS juga kista bagi perempuan.

Dokter kandungan dr. Darrell Fernando, SpOG., menjelaskan bahwa berbagai makanan tersebut bisa mempengaruhi kesehatan organ reproduksi sebenarnya karena adanya proses inflamasi pada tubuh.

Ilustrasi gambar manfaat makan makanan pedas. (freepik)
Ilustrasi gambar manfaat makan makanan pedas. (freepik)

“Jalurnya dari inflamasi sebenarnya. Jadi makanan kekinian isinya kalau gak digoreng, digeprek pakai mentai (saus khas Jepang) makanan instan yang high fat, high sugar. Makanan yang high fat, high sugar, dan tinggi proses itu bisa bikin peradangan di usus,” jelas dokter Darrel ditemui di Jakarta, Selasa (27/6/2023).

Baca Juga:
Resep Rica Daging Sapi Jadi Menu Makanan Enak Idul Adha, Rasa Pedasnya Menggoyang Lidah

Peradangan di usus itu biasanya menimbulkan gejala seperti perut kembung dan sering buang gas. Dokter Darrel menyampaikan, kondisi itu biasanya terjadi ketika seseorang konsumsi makanan pedas seperti ayam geprek.

Usus yang sering alami peradangan itu lah bisa jadi menyebabkan PCOS pada akhirnya.

“Usus yang lagi meradang sebenarnya ada jalurnya ke PCOS, ada jalurnya ke nyeri haid. Memang jalurnya tidak langsung, artinya bukan penyebab langsung. Tapi kalau itu terus-terusan, berat badan juga naik, ya lama-lama itu harus diperbaiki juga,” pesannya.

PCOS atau polycystic ovarian syndrome merupakan sindrom polikistik ovarium berupa gangguan hormon yang terjadi pada perempuan ketika usia subur. PCOS ditandai dengan gangguan menstruasi dan kadar hormon androgen, hormon maskulin, terlalu berlebihan.

Baca :  Tak Cuma Kopi Sachet, Bayi 7 Bulan Ini Ternyata Diberi Susu Kental Manis Hingga Ayam dan Nasi Pedas Oleh Ibunya

Hormon androgen yang berlebihan itu bisa mengakibatkan ovarium atau indung telur memproduksi banyak kantong-kantong berisi cairan. Kondisi tersebut menyebabkan sel-sel telur tidak berkembang dengan sempurna dan gagal dilepaskan secara teratur.

Baca Juga:
Resep Membuat Ayam Asam Manis Pedas, Rasanya Pasti Maknyus

Dikutip dari Alodokter, PCOS juga dapat menyebabkan pengidapnya jadi tidak subur atau mandul dan lebih rentan terkena diabetes juga tekanan darah tinggi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.