Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  5 Penyebab Kentut Bau, Bisa Mengganggu dan Bikin Gak Percaya Diri!

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Infeksi Covid-19 yang diderita seorang bisa membuat pengobatan kanker gagal atau bahkan lebih buruk. Tetapi untuk seorang lelaki berusia 61 tahun dengan limfoma stadium III terminal, infeksi virus coronanya mungkin merupakan keberuntungan.

Sebuah studi kasus baru-baru ini yang diterbitkan dalam British Journal of Hematology melaporkan bahwa lelaki itu telah didiagnosis menderita penyakit tersebut, dengan tumor di sekujur tubuhnya, tidak lama sebelum ia tertular Covid-19, yang membuatnya dirawat di rumah sakit selama 11 hari.

Ketika penyakit pernapasan sembuh, dia pulang. Sekitar empat bulan kemudian, tumornya juga.

Ilustrasi tumor (Dok. Elements Envato)
Ilustrasi tumor (Dok. Elements Envato)

Limfoma kadang-kadang diketahui sembuh dengan sendirinya, menurut Dr. Jonathan Friedberg, dari University of Rochester Medical Center. Namun, respons sistem kekebalan tertentu di balik bagaimana patogen Covid-19 bermutasi di dalam tubuh menunjukkan bahwa itu juga dapat membantu menghapus sel-sel lain yang tidak diinginkan, kata penulis laporan.

Baca Juga:
Timnas Indonesia U-23 Batal Ikut Piala AFF U-23 2022, Ini Kata PSSI

“Kami tidak bisa 100% yakin,” kata Dr. Friedberg kepada Forbes. “Untuk banyak jenis limfoma, ada regresi dan remisi spontan yang dijelaskan dengan baik.”

Dia mengatakan bahwa untuk satu jenis limfoma, kanker dapat hilang dengan sendirinya sekitar 25% dari waktu.

“Tapi dalam kasus ini, limfoma lebih agresif dan regresi spontan dan remisi lebih jarang,” katanya. “Ini cukup mengejutkan dalam kasus ini dan tentu saja menarik.”

Meskipun jarang, beberapa kasus kanker yang tidak dapat disembuhkan tampaknya menghilang setelah beberapa penyakit virus.

Laporan tersebut menggambarkan proses di mana respons imun unik tubuh sendiri terhadap Covid-19 dapat memiliki efek yang lebih luas ke seluruh tubuh. Apa yang disebut “badai” sitokin – protein yang bertanggung jawab untuk mengarahkan pasukan sel-T dan antibodi Anda – mungkin hanya dorongan yang dibutuhkan untuk menangani kanker.

Baca :  Kasus Covid Naik Hingga 2.000, Kemenkes Tegaskan Untuk Kembali Perketat Protokol Kesehatan

Baca Juga:
Sampai Bikin Tenda, Sudah 4 Hari Gedung Parlemen Selandia Baru Digeruduk Demonstran, Tuntut Pembatasan Covid-19 Dicabut

“Respons sitokin besar ini [terhadap Covid-19] dapat mengaktifkan kekebalan non-spesifik lainnya, yang menyebabkan demam dan banyak gejala tidak menyenangkan yang terkait dengan sakit. Stres ini menyebabkan tingkat sitokin yang sangat tinggi, yang mungkin memiliki efek langsung pada kanker.” kata Friedberg.

Leave A Reply

Your email address will not be published.