Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Kominfo: Ada 453 Miliar GB Data Beredar per Hari pada 2025

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika menilai teknologi Open RAN atau Radio Access Network bisa membantu perluasan jaringan seluler di Indonesia.

“Open RAN menjadi salah satu jawaban. Konsep Open RAN memberikan efisiensi biaya, baik untuk belanja modal maupun biaya operasional,” kata Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ismail, dalam sebuah webinar, Rabu (2/2/2022).

Open Radio Acces Network merupakan salah satu teknologi yang banyak dilirik untuk mengatasi permintaan jaringan seluler yang semakin meningkat. RAN menghubungkan perangkat, misalnya ponsel atau komputer, ke jaringan

Pada RAN tradisional, perangkat keras dan perangkat lunak merupakan satu kesatuan, berasal dari satu perusahaan yang sama. Sementara pada Open RAN, perangkat lunak bisa berasal dari pembuat yang berbeda dengan perangkat keras.

Baca Juga:
Kominfo Apresiasi Kolaburasi Transformasi Digital

Ketika menggunakan teknologi Open RAN, operator seluler bisa menggabungkan perangkat radio dan perangkat lunak dari merk yang berbeda. Teknologi ini, kata Ismail, bisa membuat operator seluler memberikan kualitas layanan yang sama kepada pelanggannya.

Kominfo mengutip riset Deloitte pada 2021, implementasi Open RAN menjanjikan penghematan belanja modal antara 40 persen sampai 50 persen, sementara biaya operasional bisa hemat sekitar 31 persen sampai 35 persen.

Efisiensi ini akan memberikan peluang bagi operator seluler untuk menggelar jaringan seluler lebih luas lagi. Ketika jaringan telekomunikasi semakin meluas, tentu akan berpengaruh terhadap transformasi digital.

Teknologi Open RAN menawarkan keluwesan dan bisa ditingkatkan, baik dari segi desain maupun produksi.

“Open RAN juga memicu industri lokal untuk meningkatkan dan mendorong partisipasi menggelar jaringan di Indonesia,” kata Ismail.

Baca Juga:
Kasus Pelanggaran Data Pribadi Indonesia Terbanyak Ada di E-Commerce dan Instansi Publik

Baca :  Masuk Squad Game EVOS, Drian Mantap Tinggalkan ONIC?

Pemerintah, melalui Kementerian Kominfo sedang memperluas pembangunan infrastruktur telekomunikasi, khususnya di daerah terdepan, terluar dan tertinggal. Pembangunan infrastruktur berupa menara base transceiver station (BTS) ditargetkan selesai pada 2022.

Tahun ini, Kominfo berencana membangun menara BTS di 3.704 titik. [Antara]

Leave A Reply

Your email address will not be published.