Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

Kominfo Targetkan Internet 5G Merata di Indonesia pada 2025

0

Cariberita.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengharapkan penerapan internet 5G di Indonesia mulai merata pada tahun 2025 mendatang.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo, Ismail mengatakan, pemerintah telah menelaah pengalaman dari implementasi 4G di Indonesia yang membutuhkan waktu sekitar enam sampai tujuh tahun.

“Maka 5G tentu kita harapkan akan bisa lebih cepat dari itu, waktunya sejak diimplementasikan tahun 2021. Kita harapkan 2024 sampai 2025 sudah bisa meluas dan merata seperti halnya kondisi 4G seperti sekarang,” tutur Ismail dalam keterangan resmi yang diterima, Senin (7/2/2022).

Ismail mengatakan, kunci dari dimulainya penggunaan 5G adalah tepat waktu dan tepat sasaran. Ia mengaku kalau dua faktor ini kerap dibahas Kementerian Kominfo, regulator, hingga para operator seluler.

Baca Juga:
Pengguna iPhone di Indonesia Kini Bisa Nikmati Internet 5G

Menurutnya, jika implementasi 5G terjadi dalam waktu cepat, kemungkinan besar Indonesia akan menanggung biaya learning dari teknologi tersebut.

Sebaliknya, jika terlalu lambat, maka Indonesia hanya akan menjadi pasar untuk tidak bisa ikut serta maupun menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

“Jadi implementasi 5G ini merupakan sebuah keniscayaan, tapi harus kita atur ritme dan timing-nya agar implementasinya benar-benar produktif buat kepentingan bangsa dan negara,” sambungnya.

Lebih lanjut, Ismail mengatakan kalau kehadiran teknologi 5G di Indonesia terjadi pada 2021, di mana Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata telah menyatakan komersial dan sudah membangun di beberapa kota di dalam bentuk spot area.

“Tapi kita tentu belum cukup puas dalam kondisi seperti ini, masih banyak tantangan-tantangan yang harus dikembangkan lagi agar implementasi 5G bisa berkembang sangat cepat atau lebih cepat dari yang kita harapkan,” jelasnya.

Baca Juga:
Kominfo: Ada 4 Sektor yang Dorong Transformasi Digital Indonesia

Leave A Reply

Your email address will not be published.