Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Waspada, Kenali Gejala Umum Terinfeksi Virus Corona Varian Omicron Siluman

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa pemerintah Indonesia sedang menyusun strategi untuk mengubah pandei menjadi endemi.

“Kami juga mendapat arahan dari Presiden, dengan masukan dari Menko terkait strategi (pergeseran) dari pandemi ke endemik. Protokolnya sudah kami siapkan,” kata Budi Gunadi seperti dikutip dari ANTARA. 

Budi memaparkan, Presiden Joko Widodo telah mengarahakan agar kebijakan itu diterapkan secara bijaksana, dan pertimbangan ilmiah serta kesehatan. Langkah itu digunakan untuk menyeimbangkan dengan pertimbangan sosial budaya dan ekonomi,” jelasnya.

“Kami memahami bahwa kami tidak bisa hanya menggunakan pertimbangan kesehatan atau ilmiah, dan itu juga terjadi di negara lain,” katanya.

Baca Juga:
Jenderal Andika Perkasa Positif Covid-19, Terungkap dari Sambutan Jokowi

Ilustrasi virus corona. [Antara]
Ilustrasi virus corona. [Antara]

Untuk itu, Presiden Jokowi meminta agar pertimbangan dari berbagai pendekatan tersebut seimbang, sehingga pemerintah dapat mengambil keputusan yang baik dan tepat.

Dalam kesempatan itu, Sadikin mencontohkan pemerintah mencatat tren penurunan jumlah kasus harian Covid-19, dan rawat inap di Indonesia juga mulai menurun.

“Berdasarkan hasil review pekan lalu secara nasional, tren kasus harian dan rawat inap mulai menurun,” ujarnya.

Dia menjelaskan, beberapa provinsi telah mengonfirmasi penurunan penularan dan angka positif Covid-19, seperti Jakarta, Bali, Banten, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara Barat.

Kasus pertama Covid-19 terkonfirmasi di Indonesia pada Maret 2020. Berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, hingga 27 Februari 2022, Indonesia mencatat total 5.539.394 kasus Covid-19, 4.817.423 sembuh, dan 148.073 kematian.

Baca Juga:
Kasus Covid-19 Kian Meningkat, Pemkot Hentikan Pembelajaran Tatap Muka

Baca :  Rekomendasi Buah yang Bagus untuk Diet, Bisa Bantu Sukseskan Program Penurunan Berat Badan
Leave A Reply

Your email address will not be published.