Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Sakit Bukan Penghalang Untuk Olahraga, Ini Manfaat Zumba Bagi Pasien Kanker

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Kurangnya aktivitas fisik, nutrisi penting untuk tulang atau cedera bisa menyebabkan masalah sendi. Selama bertahun-tahun, masalah nyeri sendi telah menjadi lazim di antara orang yang lebih muda.

Penyebab lain dari meningkatkan kasus nyeri sendi di kalangan muda adalah olahraga. Tetap aktif secara fisik memperkuat tulang, meningkatkan jangkauan gerak dan mengurangi risiko cedera.

Tapi, olahraga yang dilakukan tidak benar dapat menyebabkan masalah sendi atau memperburuknya. Berikut ini dilansir dari Times of India, 5 kesalahan olahraga yang bisa menyebabkan nyeri sendi.

1. Hindari angkat beban

Baca Juga:
Hati-hati, Rasa Sakit di 3 Bagian Tubuh Ini Bisa Jadi Gejala Varian Omicron

Olahraga angkat beban sama pentingnya dengan latihan kardio. Olahraga angkat beban juga dikenal sebagai latihan kekuatan, membantu memperkuat tulang dan meningkatkan kepadatan tulang.

Menghindari olahraga ini bisa membuat Anda berisiko patah tulang dan mengalami ketegangan otot. Latihan kekuatan membuat sendi Anda fleksibel dan juga mengurangi nyeri sendi.

Ilustrasi angkat beban (Elements Envato)
Ilustrasi angkat beban (Elements Envato)

2. Tidak melakukan pemanasan dan pendinginan

Pemanasan dan pendinginan membantu mempersiapkan tubuh Anda untuk melakukan latihan yang intens. Sesi ini mencegah Anda memutar pergelangan kaki atau membuat sendi Anda terlalu tegang.

Jika Anda tidak melakukannya, Anda berisiko mengalami masalah sendi. Tulang dan persendian harus menanggung lebih banyak tekanan.

Baca Juga:
5 Ciri-ciri Gejala Varian Omicron dan Pencegahannya yang Wajib Diketahui

3. Salah menerapkannya

Hanya melakukan latihan tertentu tidak akan membantu Anda mendapatkan manfaat kesehatan dari olahraga. Anda harus melakukan setiap latihan dengan benar untuk mendapatkan manfaatnya, tanpa membahayakan persendian dan otot.

Lakukan latihan apapun secara tidak benar menguraungi efektivitas latihan tertentu. Tak ada gunanya olahraga jika Anda tidak melakukan dengan benar.

Baca :  Arjun Kapoor Lakukan Iyengar Yoga, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

4. Tidak istirahat

Tidak istirahat di sela olahraga bisa membebani sendi dan memberi tekanan pada sistem saraf. Istirahat di antara sesi latihan bisa membantu memperbaiki keausan tulang dan otot Anda.

Tahap ini juga dapat membantu Anda mengisi ulang dan mendapatkan manfaat maksimal dari sesi latihan Anda. Jika Anda berolahraga secara teratur selama satu jam, istirahatlah selama 1-2 hari setiap minggu.

5. Pakai sepatu yang salah

Saat Anda melakukan latihan intensitas tinggi, penting untuk mengenakan sepatu yang tepat guna mempertahankan bentuk alami kaki dan menguruangi risiko keseleo pergelangan kaki.

Sepatu tidak boleh tua atau usang dan harus memberikan dukungan yang memadai untuk melakukan latihan berdampak tinggi. Sepatu yang tepat dan nyaman membantu menyerap goncangan untuk melindungi persendian Anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.