Indeks berita terkini dan terbaru hari ini
Baca :  Kemendag Siap Sinergi dengan Kemenkeu, BI dan OJK untuk Atur Aset Kripto

37+ Mockup Psd File Background

0

Cariberita.co.id – Saat ini masyarakat semakin mudah mendengarkan musik legal lewat aplikasi streaming musik yang banyak tersedia di PlayStore atau Apple Store. Spotify dan YouTube Music menjadi aplikasi yang kerap digunakan banyak orang. Hadir sebagai layanan streaming musik legal, keduanya memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Berikut ini perbandingan Spotify dan YouTube Music. 

Spotify merupakan layanan musik sekaligus video komersial asal Swedia. Tak hanya menyajikan musik dengan beragam gendre, Spotify juga menyediakan hak digital manajemen yang akan dilindungi oleh konten dari label rekaman serta perusahan media. 

Layanan streaming satu ini dapat dinikmati dalam layanan gratis ataupun berbayar. Mungkin sebagian besar daru kita, sudah tak asing lagi dengan Spotify untuk mendengarkan musik ataupun podcast. Bahkan semua koleksi yang disajikan selalu up-to-date dan dirilis dengan cepat. 

Spotify bukanlah satu-satunya aplikasi untuk streaming musik, YouTube juga tak mau kalah dengan persaingan digital ini. Google merilis YouTube Music, meskipun baru, aplikasi ini hadir di industri layanan streaming dengan daya tarik tersendiri. Bahkan terdapat beberapa keunggulan yang disajikan oleh YouTube Music dibanding dengan beberapa pesaingnya, yang mampu memudahkan para penggunanya. 

Baca Juga:
Setelah Vakum, DJ Adieh Flowz Merilis Banyak Lagu Baru

Perbandingan Spotify dan YouTube Music 

Dari keduanya, manakah yang ingin Anda gunakan untuk mendengarkan musik, Spotify atau YouTube Musik? Dilansir dari berbagi sumber, berikut adalah perbandingan Spotify dan YouTube Music: 

1. Tampilan 

Tampilan Spotify dan Youtube Music, sebenarnya tak kalah jauh mereka memiliki desain yang hampir sama. Bahkan keduanya sama-sama menyajikan rekomendasi lagu dan sejumlah folder dengan genre tertentu. 

Dengan memakai latar belakang berwarna hitam, keduanya hanya memiliki perberbedaan terhadap logo masing-masing. Akan tetapi ada satu yang cukup menonjol di YouTube Music, yakni ada rekomendasi musik video yang bisa kita tonton di YouTube Music. 

Baca :  Rayakan Hari Valentine dengan Fitur-fitur Spotify, Makin Mesra

Baca Juga:
Cara Menampilkan Lirik Lagu di Spotify Lewat HP dan Laptop, Mudah!

2. Koleksi Konten 

Jika kalian hanya ingin menggunakan aplikasi streaming musik untuk mendengarkan lagu saja, YouTube Music merupakan pilihan yang lebih unggul dari pada spotify. Mengingat sumber lagu-lagu di YouTube Music sama dengan di YouTube, hal ini membuat hampir semua lagu bisa ditemukan. 

Sementara itu, koleksi konten Spotify lebih terbatas. Namun, Spotify mempunyai satu konten yang tak dimiliki olej YouTube Music, yaitu konten podcast. Kalau kalian adalah penggemar podcast, maka Spotify menang banyak. Di sini ada banyak sekali konten podcast dari berbagai genre.  

3. Biaya Langganan 

Kalau membandingkan harga langganan antara kedua platform ini sebenarnya sama aja. Spotify dan YouTube Music sama-samamematok harga 49 ribu rupiah per bulannya. Jika kalian merupakan seorang mahasiswa, maka kalian bisa mendapatkan diskon sebesar 50 persen untuk berlangganan.  

4. Metode Bayar 

Untuk metode pembayarannya, Spotify lagi-lagi lebih unggul. Sebenarnya, keduanya sama-sama mendukung metode bayar dengan kartu kredit atau debit dan ewallet seperti Gopay serta OVO. Akan tetapi, untuk berlangganan Spotify kita juga dapat membayat menggunakan pulsa operator seluler. Operator seperti Indosat, Telkomsel, Tri, Smartfren, Axis, dan XL sudah mendukung untuk pembayaran langganan. 

Namun untuk dapat berlangganan dengan menggunakan metode pulsa kita harus membayar biaya admin sebesar lima ribu rupiah untuk paket biasa dan tiga ribu rupiah untuk paket pelajar. Selain menggunakan metoda pulsa, Spotify juga mendukung metode pembayaran dengan PayPal. 

5. Kebebasan Mengakses 

Spotify dan YouTube Music, keduanya mempunyai peraturan bagi para penggunanya untuk dapat menikmati layanan mereka. Untuk kalian yang memilih layanan gratis Spotify, terdapat batasan terkait jumlah lagu ketika melewatkannya. Sebab susunan lagu akan diputar secara acak, maka kalian masih dapat melewatkannya dengan batasan maksimal 6 kali setiap jamnya. 

Baca :  Link Nonton SEA Games 2023 Berbagai Cabang Olahraga

Berbeda dengan YouTube Music, aplikasi satu ini tidak menerapkan peraturan seperti Spotify. Akan tetapi layanan YouTube Music tidak bisa memutar musik sembari melakukan beberapa aktivitas lain. Sementara pada Spotify, pengguna masih dapat membuka aplikasi lain ketika mengakses layanan Spotify, meskipun gratis. 

6. Kualitas Audio 

Sebagai penyedia layanan streaming musik, kualitas audio yang dihasilkan berpengaruh yang cukup besar. Aplikasi Spotify, mampu memutar konten sampai 320kbps AAC, sedangkan di YouTube Music hanya mencapai 256kbps AAC, ini setara dengan kualitas pada premium Spotify. 

7. Fitur  

Secara umum, kedua aplikasi tersebut menyediakan fitur yang sama. Pengguna dapat memilih lagu apa yang mau didengar. Selain itu, kita juga dapat membuat playlist. Namun jika malas membuat playlist, di kedua aplikasi ini sudah tersedia banyak playlist yang bisa dipilih. 

Kedua aplikasi ini juga menyediakan beberapa rekomendasi lagu sesuai dengan gendre lagu apa yang kerap kita dengar. Bahkan pengguna juga bisa mengunduh lagu untuk didengarkan kembali secara offline. Jadi untuk fitur keduanya sama saja. 

Dengan perbandingan yang dimiliki masing-masing aplikasi, sebenarnya kalian dapat menyesuaikan kembali terhadap kebutuhan. Dapat dikatakan, jika kamu ingin menghemat data, kamu bisa memilih YouTube Music saja. Akan tetapi, kalau kamu ingin mempertimbangkan kualitas audio yang lebih bagus, Spotify merupakan pilihan yang sangat tepat. 

Demikian tadi perbandingan Spotify dan YouTube Music, sebagai layanan streaming musik. Semoga bermanfaat! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Leave A Reply

Your email address will not be published.