Indeks berita terkini dan terbaru hari ini

Studi: Kombinasi Pantyhose dan Masker KN95 Dinilai Memberikan Perlindungan Paling Efektif Terhadap Covid-19

0

Cariberita.co.id – Mungkin Anda tidak pernah terpikirkan untuk menggunakan pantyhose atau kain tipis mirip stocking yang umumnya berbahan nylon, bersamaan dengan masker medis.

Tapi sebuah studi baru dari Universitas Cambridge menunjukkan bahwa kain tipis elastis ini dapat membantu meningkatkan penyaringan masker terhadap virus corona Covid-19.

Penelitian yang terbit di PLOS One pada minggu lalu ini menguji berbagai masker dan bahan tambahan yang mungkin membantu meningkatkan efektivitas masker.

Salah satu trik yang diujicobakan adalah ‘pantyhose-over-the-mask’. Sementara trik lainnya adalah menggunakan karet gelang yang dibentuk masker.

Baca Juga:
Kalah Taruhan, Artis Hongkong Ini Belanja Makanan Pakai Stocking di Kepala

Relawan penelitian menguji masker dengan berbagai trik dan meniru gerakan seperti dalam kehidupan umumnya, seperti berbicara, mengangguk dan mengambil napas dalam-dalam.

Masker dan kombinasinya (PLOS One)
Masker dan kombinasinya (PLOS One)

Kemudian, peneliti menilai setiap kombinasi masker dan bahan tambahan tersebut, lapor New York Post.

Hasilnya menunjukkan bahwa pantyhose paling cocok dan efektif dipadukan dengan masker KN95, dengan peringkat faktor kecocokan 27,7, diikuti oleh metode pita yakni 14,7.

Sementara itu, salah satu solusi umum untuk membuat masker bedah pas di wajah, yakni dengan mengikat kedua ujung pita sehingga masker menjadi lebih kencang, terbukti tidak efektif dengan baik dalam pengujian.

Tetapi, trik paling efektif dari studi ini, yakni menggunakan pantyhose dan masker, paling tidak dapat ditoleransi karena peserta mengaku tidak nyaman.

Baca Juga:
3 Inspirasi Padu Padan Stocking di Tahun 2018

Namun, kata peneliti trik ini dapat dipraktikkan oleh masyarakat umum demi terlindungi dari virus corona yang saat ini banyak bermutasi.

Leave A Reply

Your email address will not be published.